Minggu, 18 Maret 2018

Perjalanan MINYAK KELAPA dan MINYAK KELAPA SAWIT di dalam tubuh kita



   Perjalanan MINYAK KELAPA
   dan MINYAK KELAPA SAWIT
di dalam tubuh kita

 Oleh : Dr. H.M. Nasim Fauzi

Pendahuluan
     Minyak termasuk golongan lipid, senyawa organik yang tidak larut dalam air, tetapi larut dalam pelarut organik non-polar, misalnya dietil eter (C2H5O-C2H5), kloroform (CHCl3 benzena) dan hidro karbon non-polar lainnya  Minyak merupakan trigliserida atau triasilgliserol, yang berarti “triester dari gliserol”. Hasil hidrolisis minyak adalah asam lemak dan gliserol
                                             Triglyceride
Minyak kelapa dan Minyak kelapa sawit

     Keduanya adalah minyak dari tumbuh-tumbuhan. Tergolong minyak masak atau minyak sayur dan bahan baku industri sabun.

 

Minyak kelapa
     Berasal dari buah kelapa (Cocos nucifera) terdiri dari mesokarp (sabut) berupa serat-serat kasar, endokarp (tempurung atau batok) dan endo-sperma (buah kelapa) berupa cairan serta dagingnya yang melekat di dinding dalam batok. Daging buah muda berwarna putih dan air kelapa ini mengandung beraneka enzim  Daging buah tua kelapa berwarna putih dan mengeras. Sarinya diperas, cairannya dinamakan santan.yang dapat dijadikan minyak kelapa.
Analisa Kimia Minyak Kelapa
Asam lemak
Konsentrasi mg/mL
Kandungan (%)
C 8:0 (Kaprilat)
C10.0 (Kaprat)   
C12:0 (Laurat)
C14:0 (Miristat)
C16:0 (Palmitat)
C18:0 (Stearat)
C18:1 (Oleat)
C18:2 (Linoleat)
6,11
3,85
25,8
9,84
4,45
1,36
3,94
0,69
8,93
6,74
47,79
17,17
8,08
2,58
7,37
1,35

55,99
100,00
Keterangan
     Asam lemak rantai sedang adalah yang mengandung C 6-12  Asam kaprilat, kaprat dan laurat termasuk asam lemak rantai sedang (medium chained triglycerides / MCT). Pada minyak kelapa berjumlah 63,46%.
     Sedang sisanya C14 (Miristat), C16:0 (Palmitat), C18:0 (Stearat), C18:1(Oleat) dan C18:2 (Linoleat) termasuk asam lemak rantai panjang (long chained triglycerides / LCT) berjumlah 36,55%.
Perjalanan minyak kelapa di dalam tubuh
     Metabolisme / perjalanan di dalam tubuh bagian MCT dan LCT dari minyak kelapa itu berbeda.  
Perjalanan MCT minyak kelapa
  Karena molekulnya kecil relatif lebih mudah larut di dalam air. Setelah dikonsumsi sebagian dihidrolisa menjadi asam lemak dan monogliserida yang.langsung bisa diserap oleh dinding usus lalu menembus dinding kapiler. Setelah diserap, lemak rantai sedang / MCT itu terikat dengan albumin serum dan meninggalkan usus melalui vena porta hepatica lalu dibawa ke hati untuk dimetabolisir. Sedang asam lemak rantai sedang yang diserap juga dikirim ke hati
Metabolisme MCT di dalam hati  
     Trigliseride dan asam lemak rantai sedang masuk ke dalam sel hati dalam bentuk asam lemak. Lalu diubah menjadi ketone bodies yang bisa digunakan di seluruh tubuh termasuk otak. Atau masuk ke Krebs Cycle di mitochondria diubah menjadi ATP sebagai sumber energi di seluruh tubuh.
Dalam ilmu nutrisi kedokteran medium-chain triglyceride (MCT) dianggap suatu “lemak super”, sebagai sumber enerji terbaik  Untuk konsumsi sebelum olah raga. Digunakan pada  diet malnutrisi. Bahkan bisa dipakai untuk nutrisi parenteral.
Perjalanan LCT minyak kelapa
     Alur perjalanan LCT minyak kelapa persis = LCT minyak kelapa sawit.

Minyak Kelapa Sawit


     Minyak kelapa sawit diperoleh dari pengolahan buah kelapa sawit (Elaeis Guinensis JACQ).  Buah kelapa sawit terdiri dari sabut /daging buah (mesocarp), tempurung (endocarp) dan biji (kernel). Mesocarp atau daging buah mengandung kadar minyak rata-rata sebanyak 56%, biji (kernel) mengandung minyak sebesar 44%, sedang endocarp atau tempurung tidak mengandung minyak.

Analisa Kimia Minyak Kelapa Sawit
Kandungan asam lemak di dalam minyak kernel kelapa sawit
Jenis asam lemak
Persen
C10 Asam kaprat, ,
C18 Asam stearat, 
C18 Asam oleat, 
48.2%
16.2%
8.4%
3.4%
3.3%
2.5%
15.3%
2.3%
Komentar
     Ternyata susunannya = minyak kelapa.
Maka metabolismenya juga = minyak kelapa.
Minyak kernel ini hanya dijual ke pabrik kosmetik.
     Minyak kelapa sawit yang dihasilkan dari kulit kelapa sawit dinamakan minyak sawit mentah (Crude Palm Oil). CPO mengandung sekitar 500-700 ppm karoten dan merupakan bahan pangan terbanyak dikon sumsi di dunia. CPO adalah minyak kelapa sawit mentah yang berwarna kemerah-merahan yang diperoleh dari hasil ekstraksi atau dari proses pengempaan daging buah kelapa sawit.

Bleaching ( Pemucatan ) atau Penghilangan Warna.
Tahap yang terpenting dalam pemurnian minyak nabati adalah penghilangan bahan-bahan berwarna yang tidak diingini. Proses ini umumnya disebut dengan bleaching (pemucatan) atau penghilangan warna (decoloration). Pada proses netralisasi, beberapa bahan berwarna biasanya dapat dihilangkan, khususnya bila larutan alkali kuat digunakan, tetapi beberapa bahan alami yang terlarut dalam minyak, hanya dapat dihilangkan dengan perlakuan khusus. Yaitu dengan pemanasan; pada kondisi hampa udara. dan pemucatan dengan hidrogenasi. 
Kandungan asam lemak di dalam minyak sabut / daging kelapa sawit
Asam Lemak Rantai Panjang
Asam Lemak
Jumlah atom C
%
Asam Miristat
Asam Palmitat
Asam Stearat
Asam Oleat
Asam Linoleat
14
16
18
18
18
1,1 – 2,5
40 – 46
3,6 – 4,7
30 – 45
7 – 11
Jumlah %
61,7 – 100

Alur perjalanan minyak kelapa sawit di dalam tubuh
Karena ukuran molekul asam lemaknya besar-besar, tidak bisa larut di dalam air sehingga perlu diproses dulu di dalam saluran cerna sebelum bisa diserap melalui dinding usus. Partikel minyak yang besar-besar itu mula-mula diemulsi dengan bantuan cairan empedu yang berfungsi seperti sabun deterjen. Setelah diemulsikan dengan sempurna, lalu diuraikan menjadi asam lemak bebas, monogliserida serta sedikit digliserida dengan bantuan enzim lipase dari pankreas.  Setelah berbentuk asam lemak bebas dan monogliserida baru bisa diserap oleh dinding usus
                                                   Chylomicron
Di dalam sel dinding usus asam lemak dan monogliserida ini digabung lagi menjadi trigliserida .Karena molekulnya besar tidak bisa menembus dinng arteriola.maka tidak dibawa ke hati malui Vena Porta Hepatica. Tetapi dibawa ke saluran lemak dan lymphe (disebut cisterna chyli)  menumpng dalam bentuk chylomicron (termasuk lipoprotein). Lipoprotein ini berisi trigliserida (85-92%), fosfolipida (6-2%)   kolesterol (1-3%) dan protein (1-2%). Alur perjalanannya ada di tabel di bawah. Sesampainya di aliran darah umum sebagian dibawa ke hati untuk dimetabolisir. Sebagian lainnya ditimbun di jaringan lemak tubuh..
Panjang perjalanan LCT minyak kelapa sawit
No
Nama saluran
Panjang
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Cisterna chyli
Ductus thoracicus
Vena cava superior
Atrium kanan+Ventrikel kanan
Arteria pulmonalis
Vena pulmonalis
Atrium kiri+Ventrikel kiri
Aorta
Arteria. hepatica
Hepar
6 cm
40 cm
7 cm
12 cm
80 cm
80 cm
12 cm
40 cm
30 cm
20 cm

Total
327 cm
Perbandingan alur transport MCT dan LCT

Jember, 21 Nopember 2017

Dr. H.M. Nasim Fauzi
Jalan Gajah Mada 118
Tipun (0331) 481127 
Jember

Tidak ada komentar:

Posting Komentar