MUNGKINKAH
ORANG
YAHUDI DAN NASRONI
MASUK SURGA ?
YAHUDI DAN NASRONI
MASUK SURGA ?
(Tafsir QS. Al-Baqoroh ayat 62)
Oleh : Dr. H.
M. Nasim Fauzi
Bacaan QS. Al-Baqoroh ayat 62
إِنَّ
الَّذِينَ آمَنُواْ وَالَّذِينَ هَادُواْ وَالنَّصَارَى وَالصَّابِئِينَ مَنْ
آمَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ وَعَمِلَ صَالِحاً فَلَهُمْ أَجْرُهُمْ عِندَ
رَبِّهِمْ وَلاَ خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلاَ هُمْ يَحْزَنُون
Artinya : “Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasroni dan orang-orang Shobiin, siapa saja di antara mereka yang
benar-benar beriman kepada Alloh, Hari Kemudian dan beramal
soleh, mereka
akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran pada mereka, dan
tidak (pula) mereka bersedih hati.” (QS. Al-Baqoroh : 62)
Asbabun Nuzul (sebab turunnya ayat) :
As Suddiy berkata bahwa QS. Al-Baqoroh
: 62 ini diturunkan berkaitan dengan Salman al-Farisy Ra. ketika dia
menceritakan tentang para sahabatnya kepada Nabi saw, bahwa mereka melakukan
puasa, sholat, beriman kepadamu (Nabi Muhammad Saw), dan bersaksi bahwa engkau
akan diutus sebagai seorang Nabi. Ketika Salman selesai dari memuji mereka lalu
Nabi saw berkata kepadanya, ”Wahai Salman sesungguhnya mereka termasuk
penduduk neraka.” Hal itu mengagetkan Salman, lalu Alloh menurunkan ayat
ini.
Riwayat
Salman Al-Farisi
Sebelum Islam
datang, Salman memeluk agama Nasroni. Atas saran seorang pendeta di Mosul (wilayah
Iraq), Salman pergi menemui Rosul di Madinah. Sang pendeta mengabarkan bahwa
seorang Nabi akan diutus pada zaman itu. Ia berpesan agar Salman mengikuti Nabi
tersebut. Setibanya di Madinah, pada malam harinya ia pergi menemui Rosululloh sambil membawa makanan sembari berkata,
''Makanan ini adalah sedekah.'' Nabi tidak memakan makanan tersebut dan
mempersilahkan para sahabatnya untuk menyantapnya. Kemudian Salman datang lagi
dan membawa makanan sambil mengatakan, ''Makanan ini adalah hadiah.'' Kali ini
Nabi memakan sebagiannya dan sebagiannya beliau berikan kepada para sahabatnya.
Suatu hari,
Salman melihat ciri kenabian di pundak Nabi. Tatkala ia melihat tanda-tanda
kenabian pada diri Nabi, di mana beliau tidak makan sedekah, tetapi menerima
hadiah, dan di pundaknya ada cap kenabian, Salman pun langsung mengikrarkan
diri masuk Islam dan menceritakan liku-liku perjalanannya kepada beliau.
Keterangan ayat
Orang mukmin / umat Islam adalah pengikut Nabi Muhammad
Saw. Berdasar rukun iman (i. iman kepada Alloh, ii. Malaikat-malaikat-Nya, iii.
Nabi-nabi-Nya, iv. Kitab-kitab-Nya, v. Hari Akhirot, dan vi. Qodlo dan
Qodar-Nya.) serta menjalankan Rukun Islam (i. Membaca 2 Kalimat Syahadat, ii.
Sholat 5 waktu, iii. Puasa di bulan Romadon, iv. Membayar zakat, v.
Melaksanakan Hajji bagi yang mampu).
Kaum Yahudi / Bani Isroil adalah pengikut Nabi Musa As. Isroil adalah nama liain dari Nabi Ya’kub As. Sedang Yahudi
berasal dari nama anak pertama Nabi Yakub As. Yahuda yang keturunannya
terbanyak. Kitab Yahudi
terdiri dari 24 buku yang dihimpun dari 3 kumpulan yaitu Torah atau Taurat, Nevi'im (Para Nabi) dan Ketubim (Tulisan)
Kaum Nasroni
adalah
pengikut Nabi Isa As atau Yesus yang lahir di Nazaret. Kitab-kitabnya adalah
Perjanjian lama dan Perjanjian baru.
Kaum Shobiin
adalah
umat Nabi Nuh As. atau Nabi Yahya As.
Amal sholeh = Rukun Islam yaitu :
i. Membaca 2 Kalimat Syahadat, ii. Sholat 5
waktu, iii. Puasa di bulan Romadon, iv. Membayar zakat, v. Melaksanakan Hajji
bagi yang mampu).
Tafsir ayat
Kita bisa membagi para
ulama yang menafsirkan ayat ini menjadi 2 : 1. Mayoritas ulama, 2. Minoritas
ulama
Tafsir mayoritas ulama
Di dalam semua Kitab Tafsir Al Qur-an dikatakan bahwa setelah
diutusnya Nabi Muhammad Saw. hanya orang-orang yang mempercayai kerosulan
beliau serta menjalankan ajarannya sajalah yang selamat di dunia dan akhirot.
Selain orang Islam, termasuk orang Yahudi dan Nasrani (kaum ahli kitab) adalah
tergolong orang kafir, di akhirat nanti akan masuk ke dalam neraka.
Tafsir minoritas ulama
Hanya beberapa orang ulama yang berbeda tafsirnya
terhadap ayat di atas di antaranya adalah Prof. Dr. Said Agil Siraj MA.
Pendapat Prof. Dr. K. H. Said Agil Siraj MA
Riwayat hidup : Lahir di Pondok Pesantren Kempek, Cirebon, 3 Juli 1953 (umur 62 tahun) adalah Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul 'Ulama periode
2010-‘20.
Pendidikan : Madrasah Tarbiyatul Mubtadien Kempek Cirebon,
Hidayatul Mubtadien Pesantren Lirboyo Kediri (1965-1970), Pesantren Al-Munawwir
Krapyak Yogyakarta (1972-1975).
S1 Universitas King Abdul
Aziz, jurusan Ushuluddin dan Dakwah, lulus 1982,
S2 Universitas Umm al-Qura, jurusan Perbandingan Agama, lulus 1987,
S3 University of Umm al-Qura, jurusan Aqidah / Filsafat Islam, lulus 1994.
S2 Universitas Umm al-Qura, jurusan Perbandingan Agama, lulus 1987,
S3 University of Umm al-Qura, jurusan Aqidah / Filsafat Islam, lulus 1994.
Said Agil Siraj menafsirkan Surat Al Baqoroh ayat 62 sebagaimana dzohirnya ayat, bahwa
Umat Islam, Yahudi, Nasrani dan Sabiin (pada zaman sekarang) bila beriman kepada Alloh dan hari akhir
serta beramal sholih semuanya akan masuk ke dalam surga.
Permasalahan
Mungkinkah kaum Yahudi dan Nasroni melaksanakan 5 rukun
Islam ?
Semua
Nabi mendapat wahyu dari Alloh, melalui malaikat Gibrael. Prinsip ajaran yang
ditulis di dalam semua Kitab suci adalah sama, yaitu mengakui dan menyembah Tuhan
yang Maha Esa. Demikian juga tata-cara ibadah / penyembahan kepada Alloh tentu
sama pula. Pedoman tata cara ibadah umat
Yahudi, Nasrani dan Islam itu sedikit banyak terdapat pada Kitab suci
masing-masing yaitu Torah, Mazmur, Injil dan Al Qur-an.
Ada 2 tulisan yang mendukung pendapat penulis tersebut
1.. Buku Bacalah Bibel karangan Thomas McElwain seorang pendeta Amerika. Dalam buku
itu disebutkan bahwa Tata-cara ibadah secara Islam itu juga dilakukan oleh
para Nabi di dalam Bibel yaitu Perjanjian Lama dan Baru.
2. Buku To Pray As A Jew: A
Guide To The Prayer Book And The Synagogue Service karangan Hayim Halevy Donin, seorang rabbi (pendeta) Yahudi Amerika
di Congregation B'nai David, Southfield, Michigan. Dalam
buku itu ada gambar Tata cara sembahyang kaum Yahudi yang sikap dan gerakannya sangat mirip dengan sholatnya
umat Islam Ritual sholat Yahudi
ini dilakukan 3 x sehari yaitu pada malam hari (Ma'ariv), di pagi hari
(Shacharit), dan pada sore hari (Minchah).
Pada mulanya sholatnya Yahudi adalah 7x/hari sebagai berikut. 1 = Solat Subuh, 2. = Solat Dhuha, 3. = Solat Zuhur, 4. = Solat Ashor, 5. = Solat Maghrib, 6. = Solat Isya', 7. = Solat al-Lail
Pada mulanya sholatnya Yahudi adalah 7x/hari sebagai berikut. 1 = Solat Subuh, 2. = Solat Dhuha, 3. = Solat Zuhur, 4. = Solat Ashor, 5. = Solat Maghrib, 6. = Solat Isya', 7. = Solat al-Lail
Pada tahun 586 SM. Nabukodonosor, raja Babel menduduki
Yerusalem dan negara Yuda. Bangsa Yahudi dibawa ke Babil dijadikan budak
sehingga mereka tidak leluasa melakukan solat. Maka solat mereka dibuat 3x/hr.
sampai kini.
Peristiwa Sholat Kristen Orthodox di Jember
Famili
penulis yaitu Drs. H. Marwoto menceritakan kepada penulis bahwa segolongan
orang Kristen Orthodox, bertempat di sebuah rumah di dekat GNI Jember
melakukan sholat seperti sholatnya orang Islam. Para penduduk di sekitar rumah
itu yang menganggap ibadah mereka tidak biasa, bersama dengan aparat
Kepolisian kemudian membubarkan ibadah mereka itu. Tindakan yang keliru.
Kesimpulan
penulis: segolongan Ahli Kitab memang ada yang menjalankan sholat (termasuk rukun
Islam) yang sama dengan orang Islam. Kenyataannya petunjuk itu memang ada di
dalam Kitab Perjanjian Lama dan Baru.
5 Rukun Islam di dalam Bibel (Kitab Perjanjian
Lama dan Baru) 1. Membaca 2 Kalimah syahadat .2.
Mendirikan sholat, 3. Membayar zakat, 4. Berpuasa pada bulan Romadhon 5.
Berhaji ke Baitulloh bagi yang mampu.
Ayat-ayat di dalam Bible yang
mengandung ibadah sesuai dengan 5 Rukun Islam adalah:
1. Syahadat Tauhid Ulangan 4:35, Ulangan
6:4, Yesaya 45:21, Markus 12: 29.
2. Sholat (Sujud), Bersuci dan Khitan.
Arah Kiblat agama Yahudi adalah Tabut Perjanjian. Setelah Tabut itu ditempatkan di Kanisah Salomon (Masjidil Aqsho) di Yerusalem, maka sholatnya menghadap ke Yerusalem.
a. Berkhitan Di dalam tradisi agama Yahudi, khitan bayi laki-laki ada di Kitab Kejadian 17:10-14.
Arah Kiblat agama Yahudi adalah Tabut Perjanjian. Setelah Tabut itu ditempatkan di Kanisah Salomon (Masjidil Aqsho) di Yerusalem, maka sholatnya menghadap ke Yerusalem.
a. Berkhitan Di dalam tradisi agama Yahudi, khitan bayi laki-laki ada di Kitab Kejadian 17:10-14.
b. Bersuci Keluaran 29:4, Keluaran 30:18-21, Keluaran 40:31-32, Mazmur
24:3-4, Mazmur 26:6
c. Sholat (Sujud) Kejadian 17:2-3, Kejadian 24:26,
Keluaran 12 : 27-28. Keluaran 20:4-5, Keluaran 23: 24, Keluaran 24:1-2, Keluaran
34:8. Keluaran 40:31-32, Bilangan 20:6, Ulangan 8:19, Ayub 1: 20-21, Yosua 5:14, Samuel 1:19, Samuel 1:3 (sholat hari Raya
sekali setahun), Samuel II 12:20, Mazmur 22:22 (sholat
berjamaah), Mazmur 26:12 (sholat berjamaah).
Mazmur
28:2, Mazmur 55:17 (Sholat
3 waktu / waktu cemas), Mazmur 95:5-6, Mazmur
119:164 (sholat 7 waktu), Raja-raja 8 :22, Tawarikh 7:3. Ezra 10:1
d. Sholat di waktu krisis (Masa Tawanan Babilon)
Daniel 6:10-11, setiap hari Nabi Daniel sholat secara teratur. Menghadap ke arah Yerusalem, beliau bersujud, berdoa serta memuji Alloh tiga kali setiap harinya.
e. Surat Al-Fatihah di dalam Bible
Daniel 6:10-11, setiap hari Nabi Daniel sholat secara teratur. Menghadap ke arah Yerusalem, beliau bersujud, berdoa serta memuji Alloh tiga kali setiap harinya.
e. Surat Al-Fatihah di dalam Bible
Bacaan = Al-Fatihah terdapat di 1). Mazmur
145:8, Mazmur 9:2, Mazmur 90:2, Mazmur 10:16. 2). Mazmur
25:6 3)
Mazmur 50:6. 4) Mazmur 30:9. 5) Mazmur 27:11 6) Mazmur 25:4, Mazmur 31:20 7) Mazmur 28:3.
3. a. Puasa Keluaran 34:28. b. Puasa 1 bulan Yeremia 36: 9: Ternyata bulan puasa mereka = Islam yaitu pada bulan ke-9
(Bulan Romadlon). Selanjutnya puasa
menurut Alkitab tidak hanya meliputi tidak makan dan minum saja. Yesaya 58:3-7.
c.
Puasa di masa krisis Pada saat penawanan di Babilon
kaum Yahudi diperintahkan berpuasa selama 4 bulan dalam setahunnya Zakharia
8:19. Setelah kaum Yahudi merdeka kewajiban
puasa kembali ke situasi normal yaitu berpuasa sebulan pada bulan ke-9 dalam
setahunnya Yeremia 36:9, Matius 4:2, Matius 6:16-18.
4.
Sedekah, Zakat dan Ibadah Korban.
Korban ternak dan zakat hasil pertanian
Korban ternak dan zakat hasil pertanian
Ibadah korban sudah disyariatkan
sejak Nabi Adam. Kedua puteranya Kain dan Habel mengorbankan hasil pertanian
dan ternak Kejadian 4:3-4, Imamat
27:16, Imamat 27:32, Amsal 3:9, Lukas 5:23-24 (Khotbah di atas
bukit). Berbeda dengan Islam korban tersebut dibakar dan diberikan kepada
binatang.
5. Ziarah dan Haji Kaum Yahudi mengklaim tempat itu adalah Yerusalem sedangkan
kaum Samaritan mengklaim Gunung Yakub
sebagai tempat ziarah. Yohanes 4:21-23
Kesimpulan
Kelima rukun
Islam ternyata terdapat di dalam Kitab Perjanjian Lama dan Baru Sehingga sangat mungkin dilaksanakan oleh Kaum
Yahudi dan Nasroni. Hanya masalah korban binatang tidak diberikan kepada
manusia, tetapi diberikan kepada binatang (Korban bakaran).
Jember 24 April 2016
.
Dr. H.M. Nasim Fauzi
Jalan Gajah Mada 118.
Tilpun (0331) 481127
Jember.
Bersama Belajar Ngeblog di iBlogger.id
BalasHapus