Minggu, 03 April 2016

Makalah Pendek Perubahan Jenis Kelamin di Dunia dan Akhirat




PERUBAHAN JENIS KELAMIN MANUSIA DI DUNIA dan AKHIRAT


Oleh : Dr. H.M. Nasim Fauzi 


Pendahuluan

Fenomena perubahan jenis kelamin pada manusia dan binatang baru dipelajari dalam ilmu biologi dan ilmu genetika pada zaman modern ini  Belum pernah dibahas dalam ilmu agama terutama ilmu Tafsir Al Qur-an.

Definisi-definisi dan pengertian

Perubahan jenis kelamin adalah sebuah proses dimana seorang manusia atau hewan berubah jenis kelaminnya, baik itu dari jantan ke betina maupun dari betina ke jantan. Perubahan jenis kelamin dapat terjadi secara alami, seperti dalam kasus hermafroditisme pada beberapa spesies hewan. Namun, istilah tersebut lebih umum merujuk kepada terapi perubahan jenis kelamin, termasuk yang dilakukan pada manusia. Istilah tersebut juga terkadang digunakan untuk prosedur-prosedur medis untuk orang-orang interseksual.


Di dunia hewan sering terjadi perubahan jenis kelamin. Contohnya Clownfish, semula semuanya berjenis kelamin jantan, kemudian ikan terbesar (jantan) berubah kelamin menjadi betina.
Laki-laki adalah salah satu dari 2 jenis kelamin manusia, yaitu pria dan wanita. Penggunaan istilah "laki-laki" khusus untuk manusia; bagi hewan dipakai istilah jantan. Organ seksnya terdiri dari penis, testis, vas deferen, korda spermatik dan kelenjar prostat. Sistem reproduksi pria berfungsi semata-mata untuk menghasilkan dan memancarkan air mani yang mengandung spema. Secara fisik pria lebih tangguh, memiliki massa otot yang jauh lebih banyak daripada wanita, hormon pria testosreron memengaruhi tubuh pria sehingga mudah membangun otot. Kebanyakan meski tak semuanya lelaki mempunyai jumlah kromosom 46 / XY.
Wanita adalah salah satu dari dua jenis kelamin manusia; satunya lagi adalah laki-laki  atau pria. Wanita diciptakan untuk menjadi pasangan laki-laki. Allah Swt. telah menciptakan manusia dalam jiwa dan raga, sifat ingin dicintai dan mencintai, kebutuhan  seksual, dan sebagainya. Maka kedua jenis manusia itu diciptakan berbeda untuk saling mengisi.
Interseks adalah kondisi dimana terdapat perbedaan antara alat kelamin luar dan dalam (testis dan ovarium). Merupakan gangguan perkembangan seks, jumlahnya sekitar 1 persen dari jumlah kelahiran hidup.
 Hermaphrodite adalah mahluk yang memiliki 2 jenis alat reproduksi yang normalnya hanya dimiliki oleh jenis kelamin pria / jantan (testis) atau wanita / betina (ovarium) saja. Organ gandanya disebut ovotestis.

Perubahan Jenis Kelamin di Dunia

1) Spontan. Kasus Hermaphrodite sejati.

Wanita berobah menjadi pria.
Lahir dengan nama Lynn Elizabeth Harris, pada tanggal 13-09-1950 jam 18:12 di kota Orange, California, AS.
     Mula-mula ovariumnya yang berfungsi, menjadikannya wanita. Pada umur 18 tahun 1968 menjadi Ratu Kecantikan. 



Pada tanggal 8-11-1973, umur 23 tahun Harris didiagnosa "Hermaphroditism sejati" [Interseks], ovotestis (kombinasi ovarium dan testis) tidak turun (1 dari 25.000 kelahiran). 



Karena jenis kelaminnya waktu lahir meragukan [penis pendek; scrotum terbelah; dan mempunyai vagina], 



Harris didiagnosa sebagai "wanita" oleh orang tuanya dan dokter anak sampai usia 29 tahun ‘79, 5 tahun setelah terbelahnya scrotum tidak bisa dipulihkan lagi. Setelah usia dewasa testisnya mulai berfungsi, maka terjadi virilisasi (perkembangan ke arah laki-laki). 



Buah dadanya mengecil, tidak mens, pinggul kecil, tumbuh kumis, suara membesar, tulang dan otot membesar, timbul nafsu laki-laki, maka dia memilih berperan sebagai pria sejak Februari 1979. Selama 4 tahun (1979-1983) dia masih menggunakan KTP sebagai wanita. Tetapi karena sering dituduh mencuri KTP orang lain. timbul keinginannya untuk merobah KTP sesuai penampilan fisiknya sekarang. Maka dia mengajukan petisi kepada Pengadilan Tinggi County Los Angeles, AS untuk 
1) Merubah nama tengahnya dari "Elizabeth" ke "Edward"; dan 
2) membuatkan Akte Kelahiran baru yang merubah jenis kelaminnya dari wanita menjadi pria. Berdasar riwayat medis yang tidak biasanya itu pada tanggal 18-02-1983 Pengadilan mengabulkan kedua permohonannya. Maka nama Lynn Elizabeth Harris dianggap tidak ada lagi, telah diganti dengan Lynn Edward Harris .  

2) Perubahan Jenis Kelamin Buatan

Pria berobah menjadi wanita.

Terjadi pada kasus Transgender atau banci yaitu pria asli, berpenampilan pria sejak lahir dan berkromosom pria (XY), dirubah menjadi wanita tidak asli, berpenampilan wanita tetapi berkromosom pria (XY).



Di Thailand banyak dilakukan operasi perubahan kelamin. Di samping kiri adalah gambar seorang transgender dari Thailand yang menjalani operasi menjadi wanita. Sebelah kiri adalah gambarnya sebelum operasi. Seorang pria asli. Dia menjalani terapi hormon sehingga buah dadanya tumbuh besar seperti wanita. Di sebelah kanan adalah fotonya sebagai seorang wanita yang cantik.
Di Thailand sering dilakukan lomba kecantikan para wanita transgender yang kecantikannya tidak kalah dengan wanita aseli bahkan ada yang lebih cantik.

Perubahan Jenis Kelamin di Akhirat

Di waktu Kebangkitan

Pria berobah menjadi wanita.
 Ketika wafat, kita akan dikubur, akhirnya tinggal tulang-belulang. Pada goncangan hari kiamat, yang tersisa adalah tulang ekor (gambar lingkaran merah). 



Setelah tiupan sangkakala yang kedua oleh malaikat Isrofil, turunlah hujan di seluruh dunia. Air hujan ini masuk ke dalam tanah membasahi tulang-tulang ekor bekas manusia di bumi. Dari satu sel tulang ekor ini, Alloh Swt melakukan rapid cycle cloning extra uterine (cloning di luar rahim). Dari sel-sel yang berkromosom sex XY (asal dari pria di dunia), semuanya tumbuh menjadi wanita dewasa dengan testes di dalam perutnya. Sedang yang berkromosom sex XX (asal dari wanita di dunia), tumbuh menjadi seorang wanita dewasa. Jadi semua manusia yang dibangkitkan itu berjenis kelamin wanita. Semua wanita itu oleh malaikat masing-masing dibawa ke padang mahsyar di Palestina. Maka penuhlah padang mahsyar itu dengan wanita. Karena semuanya wanita, maka keadaannya aman-aman saja. Andai saja mereka berjenis laki-laki dan wanita (dalam keadaan telanjang bulat), betapa kacaunya.
Di Padang Mahsyar semua wanita itu, beserta para jin dan Iblis diadili, lalu ditimbang amalnya. Kaum kafir, musyrik dan iblis langsung dimasukkan ke dalam neraka.
Bagi yang dimasukkan ke dalam neraka, mereka tetap berjenis kelamin wanita. Sehingga penuhlah neraka dengan wanita. 
Sisa para wanita itu ditempatkan di shiroth.
Pada waktu melewati shirot sebagian terjatuh ke dalam neraka. 
Yang selamat akan masuk ke dalam sorga.

Mekanisme perubahan Jenis Kelamin

Pertumbuhan alat kelamin dalam dan luar serta pertumbuhan wajah, alat suara, kulit dan tulang ke-2 jenis kelamin itu diatur oleh kromosom seks. Pada wanita oleh kromosom XX dan pada pria oleh kromosom XY.


Kromosom X mengatur pertumbuhan seks wanita, sedang kromosom Y mengatur pertumbuhan seks pria (membuat testis). Kedua jenis kelamin itu sama-sama mempunyai kromosom X yang mengatur pertumbuhan seks wanita. Sehingga  semua orang, baik pria ataupun wanita, pada awalnya di dalam kandungan tumbuh sebagai wanita. Di dalam rahim ibu, terdapat placenta (ari-ari) yang memberi nutrisi serta memproduksi Hormon Chorionic Gonadotropin (HCG) untuk janin. HCG ini merangsang testis janin XY untuk memproduksi hormon pria (testosteron dan DH-testosteron). Hormon-hormon ini menumbuhkan penis dan kejantanan, merangsang seks dan agresi. 

Pada hari kiamat Alloh Swt. membangkitkan manusia tanpa seorang ibu sehingga tidak ada ari-ari, hormon HCG dan Testosteron. Maka semua yang berkromosom XY (sewaktu di dunia berjenis kelamin laki-laki) itu tetap sebagai / menjadi wanita. 

Maka semua manusia yang dibangkitkan itu berjenis kelamin wanita.

Perubahan Jenis Kelamin di Sorga

Wanita berobah menjadi pria.
Bagi yang masuk surga, mereka mandi dulu di telaga Kautsar. Dengan kekuasaan Alloh Swt semua wanita itu baik yang berkromosom sex XY (asal dari pria di dunia), maupun XX (asal dari wanita di dunia) dilakukan rekayasa biologis dan genetis (yang berkromosom XX dirubah menjadi XY) sehingga semuanya berubah menjadi laki-laki dewasa, lengkap dengan kumis dan jenggotnya. Siap dikawinkan dengan bidadari.
Berikut ini adalah kutipan lengkap hadits tentang Kautsar dari kitab Mengingat Sorga dan Neraka :
Dalam sebuah hadis: Sesungguhnya di belakang jembatan itu terdapat tanah lapang dengan pepohonan yang bagus-bagus. Di bawah setiap pohon terdapat dua mata air yang mengalir dari sorga dari arah kanan dan kiri.
Maka mereka minum dari salah satu mata airnya. Sewaktu air yang diminum itu sampai di dadanya, keluarlah segala yang ada di dalam dada itu, seperti prasangka, menipu dan dengki. Segalanya hilang dari dalam dada mereka. Sewaktu sampai di dalam perut, keluarlah segala yang membuat kerusakan dan penyakit dan juga air kencing. Maka mereka bersih lahir dan batinnya
Kemudian orang-orang mukmin itu datang kepada mata air yang satunya lagi untuk mandi di situ, maka jadilah wajah-wajah mereka seperti bulan purnama dan menjadi bagus-bagus jiwa raganya serta parasnya, bagai minyak kasturi.
Setelah mereka datang di pintu sorga ternyata grendelnya terbuat dari yakut merah, merekapun mengetuknya, lalu disambut oleh para bidadari dengan beberapa piring makanan di tangan mereka. Maka keluarlah setiap bidadari untuk merangkul suami masing-masing sambil mengucapkan kata rayuannya: ” Engkaulah cintaku, aku sayang padamu, aku cinta padamu selama-lamanya." Selanjutnya masuk ke rumah suaminya bersama-sama.
Semua wanita Penghuni surga itu minum dan mandi di mata air sorga, lalu mereka berobah wujud menjadi pria. Kemudian dikawinkan oleh Alloh Swt. dengan para Bidadari surga serta dilayani oleh beribu-ribu Pelayan sorga yang sosoknya kecil-kecil seperti anak-anak.

Jember, 2 April 2016 

Dr. H. M. Nasim Fauzi 
Jalan Gajah Mada 118
Tilp (0331) 481127
Jember

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar