Jumat, 25 Juli 2014

Tafsir Taqwa di dalam Injil Barnabas



Ajaran Taqwa di dalam
Injil Barnabas

Oleh : Dr. H.M. Nasim Fauzi

Pendahuluan
Barnabas dilahirkan di Pulau Siprus, kemudian pindah ke Tanah Palestina dan menjadi murid Yesus.

Barnabas murid Yesus

Paulus dari Tarsus

Menurut Barnabas, buku ini dikarangnya untuk melawan Paulus yang telah merusak agama Kristen dengan ajaran Trinitas.


Gambar Injil Barnabas
Gambar Tulisan asli Injil Barnabas
Menurut orang Kristen, Injil Barnabas dikarang oleh seorang Pendeta Yahudi asal Spanyol Islam yang dendam pada orang-orang Kristen. Dia melarikan diri dari Spanyol karena menolak dipaksa masuk Kristen oleh orang-orang Kristen yang masuk ke Spanyol dari Perancis dan mengalahkan orang-orang Islam.
l. Taqwa di dalam Kitab Injil
Taqwa (*takut terhadap saat menghadap Tuhannya).ada juga di dalam Kitab Injil pada QS. Al-Maidah [5]: 46,

وَقَفَّيۡنَا عَلَىٰٓ ءَاثَـٰرِهِم بِعِيسَى ٱبۡنِ مَرۡيَمَ مُصَدِّقً۬ا لِّمَا بَيۡنَ يَدَيۡهِ مِنَ ٱلتَّوۡرَٮٰةِ‌ وَءَاتَيۡنَـٰهُ ٱلۡإِنجِيلَ فِيهِ هُدً۬ى وَنُورٌ۬ وَمُصَدِّقً۬ا لِّمَا بَيۡنَ يَدَيۡهِ مِنَ ٱلتَّوۡرَٮٰةِ وَهُدً۬ى وَمَوۡعِظَةً۬ لِّلۡمُتَّقِينَ (٤٦)

Dan kami iringkan jejak mereka (nabi nabi Bani Israil) dengan Isa putera Maryam, membenarkan Kitab yang sebelumnya, yaitu: Taurat. dan kami Telah memberikan kepadanya Kitab Injil sedang di dalamnya (ada) petunjuk dan cahaya (yang menerangi), dan membenarkan Kitab yang sebelumnya, yaitu Kitab Taurat. dan menjadi petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertakwa (* takut).


Sabda Yesus di Kapernaum tentang Pengadilan Alloh
Keterangan penulis
Setelah meninggalkan Nazareth Yesus kemudian tinggal di Kapernum.
Kapernaum terletak di tepi Danau Galilea atau Danau Tiberias. Dari sini Yesus dan murid-muridnya kemudian pergi ke Jerusalem dengan berjalan kaki.


Peta Capernaum di tepi Danau Galilea

Capernaum from the air
Kota Capernaum di tepi Danau Galilea

Capharnaum The Town of Jesus
"Hari pengadilan Allah itu akan jadi demikian dahsyat, sehingga aku katakan kepadamu, orang-orang terkutuk akan lebih lekas memilih sepuluh neraka daripada pergi untuk mendengarkan Allah berfirman dengan murka menantang mereka, kepada semua makhluk yang telah diciptakan akan bersaksi.
Sesungguhnya aku berkata kepadamu, bahwa bukan sendirian para terlaknat itu gentar, malah orang-orang suci dan pilihan Allah, hingga Ibrahim akan tidak percaya kepada kebenarannya dan Ayyub akan tidak mempunyai kepercayaan kepada ketidak berdosaannya.
Dan apa kata aku." Bahkan Pesuruh Allah (Muhammad) itu akan takut, karena Allah itu membuat terkenal kebesaran-Nya akan menghilangkan memori dari Pesuruh-Nya, hingga dia tidak akan mempunyai kenangan betapa Allah telah menganugerahkan kepadanya segala-galanya.
Sungguh aku berkata kepadamu pembicaraan dari hati; aku gemetar karena oleh dunia ini, aku akan dipanggilkan Allah dan untuk ini aku akan harus menceritakan.
Demi Allah yang pada hadiratnya roh aku berdiri, aku adalah seorang manusia fana, seperti manusia-manusia lain, karena kendatipun Allah telah menempatkan daku sebagai seorang Nabi atas kaum Israil untuk kesehatan dari kelemahan dan untuk perbaikan dari para pendosa, aku adalah seorang hamba Allah dan tentangan ini kamu adalah saksi.
72  TANDA-TANDA HARI PENGADILAN ALLOH
Bagaimana aku berbicara menentang orang-orang jahat yang setelah kepergianku dari dunia ini akan menghapus kebenaran dari Injilku oleh operasi syaithan. Tetapi aku akan berpulang menuju kepengakhiran itu dan bersamaku akan mendekat Enoch dan Eliyah dan kami akan menyaksikan penentangan kejahatan itu yang pengakhirannya akan jadi terkutuk:"
Dan sesudah berbicara begini, Yesus mengalirkan air mata, pada waktu itu murid-muridnya menangis kuat dan mengangkat suara mereka berkata, "Maaf O Tuhan Allah, dan belas kasihanilah atas hamba Engkau yang tak berdosa." Yesus menjawab, "Amin, Amin".
يَـٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ ٱتَّقُواْ رَبَّڪُمۡ‌ إِنَّ زَلۡزَلَةَ ٱلسَّاعَةِ شَىۡءٌ عَظِيمٌ۬ (١)

Hai manusia, bertakwalah (* takut) kepada Tuhanmu; Sesungguhnya kegoncangan hari kiamat itu adalah suatu kejadian yang sangat besar (dahsyat).(QS. Al-Haj [22]:1).
Suasana Hari Kiamat
"Sebelum hari itu (hari kebangkitan dan Pengadilan) akan datang", kata Yesus, "kehancuran besar akan datang meliputi dunia ini karena di situ akan ada perang begitu kejam dan tidak menaruh kasih, hingga ayah akan membunuh anak, sedangkan anak akan membunuh ayah, dengan alasan dari golongan dalam partai-partai rakyat. Karena itu kota-kota akan dimusnahkan dan negeri akan menjadi lengang gersang. Semacam penyakit sampar akan datang, sehingga tak seorang pun akan dijumpai untuk memikul orang mati ke pandam pekuburan hingga demikian mereka akan digeletakkan bagaikan makanan untuk binatang-binatang.
Kepada yang tersisa di atas bumi Allah akan mengirim semacam kekurangan, sehingga roti akan dihargai di atas emas, dan mereka akan memakan semua ragam barang-barang yang tidak suci.
O, zaman celaka, pada waktu itu jarang seseorang akan didengar berkata, 'Aku telah berdosa, mohon ampunilah kepadaku, O Allah," tetapi dengan suara-suara mengerikan mereka akan mengumpat-umpat Dia yang Maha Besar dan Sentosa selama-lamanya.
Sesudah itu, sebagaimana hari itu telah mendekat, untuk selama 15 hari akan datang setiap hari suatu pertanda dahsyat kepada penduduk bumi ini.
Hari pertama, matahari berlari pada perjalanannya di langit tanpa sinar, tetapi hitam laksana warna pencelup kain, dan ini akan menimbulkan keluh kesah, seperti seorang ayah yang mengerang bagi seorang anak yang hampir mati.
Hari ke dua, bulan akan jadi berubah menjadi darah, dan darah ini akan berjatuhan ke atas bumi laksana embun.
Pada hari ke tiga, bintang-bintang akan terlihat berperang di antara mereka sendiri bagaikan suatu pasukan tentara bermusuhan.
Pada hari ke empat, batu-batuan dan karang-karang akan berlompatan mendadak bertabrakan satu sama lain, penaka musuh-musuh kejam ganas.
Pada hari ke lima, setiap tanaman dan rerumputan akan mengeluarkan air mata darah.
Pada hari ke enam, laut akan naik tanpa meninggalkan tempatnya, tingginya mencapai 150 hasta, dan akan berdiri sepanjang hari bagai suatu dinding.
Pada hari ke tujuh, akan terjadi merosot berlawanan begitu rendah se akan-akan dengan sukar untuk dilihat.
Pada hari ke delapan, burung-burung dan binatang-binatang darat dan air akan berkumpul mereka sendiri saling mendekap bersama, dan akan memberikan raungan-raungan dan jeritan-jeritan.
Pada hari ke sembilan, akan terjadi topan dengan hujan es begitu dahsyat akan membunuh dengan cara demikian hingga hampir tidak ada sepersepuluh bagian dari kehidupan akan tersisa.
Pada hari ke sepuluh, akan datang semacam sinar dan guntur dahsyat, maka sepertiga bagian dari gunung-gemunung akan belah dan hangus.
Pada hari ke sebelas, setiap sungai akan mengalir arah ke belakang, dan akan mengalir darah dan bukan air.
Pada hari ke duabelas, setiap benda yang telah diciptakan akan berkeluh kesah dan menjerit.
Pada hari ke tigabelas, langit akan digulung ke atas seperti sebuah buku, dan hari akan hujan api, sehingga setiap benda yang hidup akan mati.
Pada hari ke empatbelas, akan terjadi gempa bumi begitu dahsyat, sehingga puncak-puncak gunung akan melayang melewati udara seperti burung-burung, dan seluruh bumi akan menjadi suatu padang datar.
Komentar penulis
Sangat jelas bahwa pada hari ke-14 bahwa bagian bumi yang hancur  hanyalah puncak-puncak gunung, yang sebagiannya telah hangus pada hari ke-10. Hancuran gunung itu melayang di udara lalu jatuh dan menguruk dataran benua-benua yang ada di sekitarnya sehingga daratan benua-benua itu menjadi datar.
Di bumi yang datar itulah tempat kebangkitan seluruh manusia, termasuk para Nabi setelah tiupan terompet ke-2.  
Sedang air laut pada hari ke enam telah naik setinggi 150 hasta membentuk dinding air di sekeliling benua-benua itu.
Suasananya waktu itu gelap gulita selama 40 tahun, karena matahari, bulan dan bintang telah hancur pada hari pertama, ke-dua dan ke-3.
Bumi yang gelap gulita itu menjadi terang kembali setelah kebangkitan Muhammad sang Pesuruh Allah yang mengeluarkan sinar seperti 1000 surya.
Pada hari ke lima belas, para Malaikat suci akan mati, dan Allah sendiri akan tinggal hidup, Dia Maha Mulia dan Maha Besar."
Dan setelah berkata ini, Yesus memukul mukanya dengan kedua tangannya, dan kemudian memukul tanah dengan kepalanya.
Dan setelah menegakkan kepalanya, dia berkata, "Terkutuklah setiap orang yang akan menyisipkan ke dalam perkataan-perkataanku, bahwa aku adalah anak Allah,"
Pada kata-kata ini para murid jatuh ke bawah seperti mati, oleh sebab itu Yesus mengangkatkan mereka ke atas, sambil berkata, "Marilah kita taqwa kepada Allah sekarang; jika kita tidak ingin jadi ketakutan pada hari itu."  
Apabila pertanda-pertanda ini telah berakhir, di sana akan terjadi kegelapan meliputi dunia 40 tahun.
Allah sendiri yang hidup, Maha Mulia dan Maha Besar selama-lamanya.
Hari kebangkitan
وَأَنذِرۡ بِهِ ٱلَّذِينَ يَخَافُونَ أَن يُحۡشَرُوٓاْ إِلَىٰ رَبِّهِمۡ‌ لَيۡسَ لَهُم مِّن دُونِهِۦ وَلِىٌّ۬ وَلَا شَفِيعٌ۬ لَّعَلَّهُمۡ يَتَّقُونَ (٥١)

Dan berilah peringatan dengan apa yang diwahyukan itu kepada orang-orang yang takut akan dihimpunkan kepada Tuhannya (pada hari kiamat), sedang bagi mereka tidak ada seorang pelindung dan pemberi syafa'atpun selain daripada Allah, agar mereka bertakwa (takut). (QS. Al-An’am [6]: 51).
Bilamana 40 tahun telah lewat, Allah akan memberi  kehidupan kepada pesuruh-Nya (Muhammad), yang akan bangkit kembali seperti matahari, tetapi gilang-gemilang bagaikan seribu surya. Dia akan duduk dan tiadakan berbicara, karena dia seakan-akan hal itu di luar dugaannya.
Allah akan membangkitkan lagi empat Malaikat yang dikasihi Allah yang akan mencari Pesuruh Allah (Muhammad) itu dan setelah menjumpainya akan menempatkan diri mereka pada empat sisi tempat untuk memegang penjagaan kepadanya.  
Selanjutnya Allah akan memberi kehidupan kepada semua Malaikat, yang akan datang laksana lebah-lebah mengedari sekeliling Pesuruh Allah (Muhammad) itu.
 Berikutnya Allah akan memberikan kehidupan kepada seluruh Nabi-Nabi-Nya, yang mengikuti Adam akan datang setiap orang untuk mencium tangan Pesuruh Allah (Muhammad) itu, mempercayakan diri mereka kepada perlindungannya.
 Selanjutnya Allah akan memberikan kehidupan kepada semua orang-orang pilihan, yang akan berseru lantang, "O Muhammad, ingatlah akan kami!".
Kepada yang berteriak sedih akan menyandarkan Pesuruh Allah (Muhammad) itu dan dia akan mempertimbangkan apa yang harus diperbuatnya, kuatir bagi keselamatan mereka.
Selanjutnya Allah akan memberikan kehidupan kepada setiap makhluk yang telah diciptakan, dan mereka akan kembali kepada keadaan mereka semula, tetapi setiap orang akan mempunyai tambahan pula kekuatan berbicara.
Selanjutnya Allah akan memberikan kehidupan kepada semua orang yang terkutuk (Syaithan dan para pengikutnya).
Pada kebangkitannya oleh sebab seramnya, seluruh makhluk Allah akan takut dan akan berteriak, "janganlah kiranya rahmat-Mu meniggalkan kami O Allah Tuhan kami."
Setelah ini Allah akan menyebabkan syaithan bangkit, terhadapnya setiap segi pemandangan makhluk akan jadi seperti mati, karena takut akan bentuk yang mengerikan dari kemunculannya.
"Insya Allah," kata Yesus, "bahwa aku tidak akan memperhatikan (iblis) kedahsyatan itu pada hari itu. Pesuruh Allah (Muhammad) sendiri tidak akan takut oieh semacam bentuk itu, karena dia hanya akan takut kepada Allah.
Kemudian Malaikat (Isrofil), pada bunyi (tiupan terompet yang kedua, pen.) dari terompet Malaikat (Isrofil) itu maka semua akan dibangkitkan, akan membunyikan terompetnya lagi sambil berkata, 'Datangiah ke Pengadilan, O makhluk-makhluk, karena Penciptamu berkehendak untuk menghakimi kamu.'
75  HARI PENGADILAN ALLOH
وَأَنذِرۡ بِهِ ٱلَّذِينَ يَخَافُونَ أَن يُحۡشَرُوٓاْ إِلَىٰ رَبِّهِمۡ‌ لَيۡسَ لَهُم مِّن دُونِهِۦ وَلِىٌّ۬ وَلَا شَفِيعٌ۬ لَّعَلَّهُمۡ يَتَّقُونَ (٥١)
     Dan berilah peringatan dengan apa yang diwahyukan itu kepada orang-orang yang takut akan dihimpunkan kepada Tuhannya (pada hari kiamat), sedang bagi mereka tidak ada seorang pelindung dan pemberi syafa'atpun selain daripada Allah, agar mereka bertakwa (* takut). (QS Al-An’am [6]: 51).
Kemudian akan muncul di tengah langit di atas lembah Jehoshaphat (di Palestina, pen.) sebuah singgasana gemerlapan, di atasnya akan datang suatu awan putih.
Hal itu para Malaikat akan berteriak, Maha Berkat Engkau Allah kami, yang telah menciptakan kami dan menyelamatkan kami dari kejatuhan syaithan.'
Lalu Pesuruh Allah (Muhammad) itu akan takut karena ia akan merasakan kasih sayang Allah yang orang lain tak seorang pun merasakan seperti dia.
Karena barangsiapa yang akan mendapatkan dalam penukaran sepotong emas, dia mesti memperoIeh 60 bagian; oleh karena itu jika dia memiliki hanya satu bagian saja, dia takkan menukarnya.
Tetapi seandainya Pesuruh Allah (Muhammad) itu akan gentar, betapa lagi orang-orang yang tak beriman itu yang akan diperbuatnya, yang penuh dengan dosa-dosa itu?"
Pesuruh Allah (Muhammad) itu akan mengumpulkan semua para Nabi kepadanya dia akan berbicara, memohon mereka untuk pergi dengan dia buat bermohon kepada Allah bagi orang-orang beriman.
Sedangkan masing masingnya akan berkeberatan karena takut, demi Allah, tidak juga aku (Yesus) akan pergi ke sana, mengerti apa yang aku ketahui.
Lalu Allah berhubung dengan ini, akan mengingat Pesuruh-Nya (Muhammad), bagaimana Dia telah menciptakan semua benda karena kasih sayang kepadanya (Muhammad), dengan begitu ketakutannya akan hilang, dan dia akan tampil mendekat kepada singgasana (Arasy) dengan senang, lalu menyembah seraya para Malaikat bernyanyi, 'Maha Berkat Nama Engkau Suci, O Allah Tuhan kami.'
Dan ketika dia (Muhammad) telah mendekat ke singgasana itu, Allah akan membuka (rasa kemauan-Nya) kepada Pesuruh-Nya (Muhammad), bahkan sebagai seorang kawan kepada kawan, apabila sekian lama tidak berjumpa.
Pertama sekali berbicara adalah Pesuruh Allah (Muhammad) itu yang akan berkata, 'Aku memuja dan cinta kepada Engkau, O Allah-Ku, dan dengan seluruh hati dan rohku aku mengucapkan syukur kepada Engkau, karena Engkau telah berkenan menciptakan aku menjadi hamba Engkau dan menjadikan semuanya, karena Kasih sayang kepadaku, demikianlah aku berkenan cinta kepada Engkau untuk semua hal dan dalam seluruh hal dan di atas segala hal, oleh sebab itu izinkanlah seluruh makhluk Engkau memuji Engkau O Allahku'.
Kemudian semua makhluk yang telah diciptakan oleh Allah akan berkata, 'Kami mengaturkan terima kasih kepada Engkau, O Allah, dan Maha Berkat Nama Engkau Kudus.'
Sesungguhuya aku (Yesus) berkata kepadamu, kemudian syaithan-syaithan dan orang-orang yang terkutuk bersama syaitan akan menangis, sehingga melebihi air yang akan mengalir dalam sungai Yordan yang keluar dari mata salah seorang dari mereka. Mereka masih tidak akan memandang Allah.
Dan Allah akan berbicara kepada Pesuruh-Nya (Muhammad), berfirman, 'Engkau selamat datang, O hamba-Ku yang beriman (Muhammad), oleh karena itu mohonkanlah apa yang engkau mau, karena engkau akan mendapatkan semua.
Pesuruh Allah (Muhammad) itu akan menjawab, 'O Allah, aku ingat bahwa ketika Engkau telah menceritakan daku, Engkau telah berfirman, bahwa Engkau telah berkehendak menjadikan dunia dan sorga karena Kasih sayang kepadaku dan para Malaikat serta manusia, bahwa mereka boleh memuliakan Dikau demi aku hamba Engkau, oleh sebab itu Allah Tuhan Maha Pengampun dan Maha Adil. Aku Mohon kepada Engkau supaya Engkau mengumpuikan kembali perjanjian Engkau yang telah ikrar (membaca syahadat) kepada hamba Engkau (Muhammad).
Dan Allah akan memberikan jawaban bahkan sebagai seorang teman yang bercanda dengan seorang teman dan akan berfirman, 'Adakah engkau mempunyai saksi-saksi tentang ini, teman-Ku Muhammad?'
Dan dengan penghormatan dia (Muhammad)  akan berkata, 'Ya, Allah.'
Lalu Allah akan menjawab, 'Pergilah panggil mereka, O Jibril.'
Malaikat Jibril akan mendatangi Pesuruh Allah (Muhammad) itu dan akan berkata, 'Tuan, siapa-siapa adanya saksi-saksinya?'
Pesuruh Allah (Muhammad) itu akan menjawab, 'Mereka adalah Adam, Ibrahim, Ismail, Musa, Daud dan Isa putera Maryam.'
Lalu Malaikat itu akan berangkat dan ia akan memanggil para saksi yang telah disebutkan, yang dengan takut akan pergi ke sana (ke Hadirat Allah).
Dan ketika mereka telah hadir, Allah akan berfirman kepada mereka, 'Ingatkah kamu tentang apa yang dikuatkan oleh Pesuruh-Ku (Muhammad)?'
Mereka akan menjawab, 'Hal apa, O Allah?'
Allah akan berfirman, 'Bahwa Aku telah membuat segala sesuatu karena kasih sayang kepadanya (Muhammad), sehingga semua makhluk boleh memuja Aku demi dia (Muhammad).'
Kemudian tiap-tiap orang dari mereka akan menjawab, 'Ada bersama kami tiga orang saksi lebih baik daripada kami, O Allah.'
Dan Allah akan menjawab, 'Siapa-siapa tiga saksi ini?'
Lalu Musa akan mengatakan, 'Kitab yang Engkau berikan kepadaku (Taurat) adalah pertama, dan Daud akan berkata, 'Kitab yang Engkau berikan kepadaku (Zabur) adalah yang kedua', dan orang ini yang sedang berbieara kepadamu (Yesus) akan berkata, 'Allah, seluruh dunia telah ditipu oleh syaithan, telah mengatakan bahwa aku adalah Putera Engkau dan sekutu Engkau.
Tetapi Kitab (Injil) yang Engkau berikan kepadaku mengatakan dengan benar bahwa aku adalah hamba Engkau, dan Kitab itu mengakui itu yang dikuatkan oleh Pesuruh Engkau (Muhammad).'
77   PESURUH ALLOH (MUHAMMAD) PADA PENGADILAN ALLOH
Kemudian Pesuruh Allah (Muhammad) itu berbicara dan akan berkata, 'Begitu kata Kitab (Al Qur-an) yang telah Engkau berikan kepadaku, O Allah.
Dan ketika Pesuruh Allah (Muhammad) telah mengatakan ini, Allah akan berbicara, berfirman, 'Semua itu Aku telah memperbuat sekarang.
Aku telah lakukan agar supaya setiap orang itu akan tahu betapa banyak Kasih sayang-Ku kepadamu (Muhammad) '.
Alloh memberikan sebuah Kitab kepada Muhammad
Dan apabila Dia telah berbicara demikian, Allah akan memberikan kepada Pesuruh-Nya (Muhammad) sebuah Kitab yang di dalamnya telah tertulis seluruh nama yang pilihan Allah.
Oleh sebab itu setiap makhhik akan meIakukan penghormatan kepada Allah, berkata, 'Kepada Engkau sendiri, O Allah, Maha Besar dan Maha Berkat, karena Engkau telah menganugerahkan kami kepada Pesuruh Engkau (Muhammad).'
Allah akan membuka Kitab itu dengan tangan Pesuruh-Nya (Muhammad)  dan Pesuruhnya membaca pada tempat itu akan menyerukan semua Malaikat, dan para Nabi dan semua orang-orang pilihan serta pada dahi setiap orang akan tertulis tanda dari Pesuruh Allah (Muhammad).
Dan di dalam Kitab itu akan tertulis tentang Kemuliaan Surga.
Muhammad duduk di sisi kanan Alloh
Kemuliaan masing-masing akan terjadi mulai daripada sebelah kanan Allah; berikut akan duduk Pesuruh Allah (Muhammad) dan para Nabi akan duduk dekat dia dan orang-orang suci akan duduk dekat para Nabi, dan orang-orang yang diberi berkat dekat orang-orang suci,
Lalu Malaikat (Isrofil) itu kemudian akan membunyikan terompet (tiupan yang ke-3), serta akan dipanggil syaithan kepada pengadilan.
78 PARA TERLAKNAT DI PENGADILAN ALLOH
Kemudian makhluk yang celaka itu akan datang dan dengan cacian paling besar akan diadukan (didakwa) oleh setiap makhluk.
Syaitan dan para pengikutnya dimasukkan ke dalam neraka
Dalam hal itu Allah akan memanggil Malaikat Mikail, yang akan memukulnya 100.000 kali dengan pedang Allah. Dia akan memukul syaithan, dan setiap pukulan adalah seberat 10 neraka, lalu dia akan jadi pertama yang terhunjam ke dalam jurang yang tak terkira dalamnya.
Malaikat akan memanggil pengikut-pengikutnya, dan mereka dengan begitu pula akan dicaci maki dan dituduh.
Oleh sebab itu Malaikat Mikail dengan perintah dari Allah akan memukul beberapa ratus kali, beberapa 50 kali, beberapa 20 kali, beberapa 10 kali, beberapa 5 kali.
Dan kemudian mereka dilemparkan ke dalam jurang yang tak terkira dalamnya, karena Allah akan berkata kepada mereka, 'Neraka adalah tempat tinggalmu menetap, O orang-orang laknat.'
Semua yang tak beriman dan terkutuk dipanggil ke Pengadilan Alloh
Sesudah itu akan dipanggil kepada Pengadilan semua yang tidak beriman dan yang terkutuk, menantang dia akan muncul pertama semua makhluk yang lebih rendah daripada manusia, menjadi saksi di hadapan Allah betapa mereka telah berhidmat kepada manusia-manusia ini, dan sama sebagaimana mereka telah menghina Allah dan makhluk-makhluk-Nya.
Dan para Nabi itu setiap orang akan bangkit, menjadi saksi melawan mereka; oleh sebab itu mereka akan dihukum oleh Allah ke dalam nyala api abadi.
Sungguh aku (Yesus) berkata kepadamu, bahwa tiada kata yang sia-sia atau pemikiran akan berlalu dan luput dari bukum pada hari yang dahsyat itu.
Kemuliaan orang melarat menurut Yesus.
Sesungguhnya aku katakan kepadamu bahwa baju bulu (kulit binatang) akan bercahaya bagaikan surya dan setiap kuku seorang manusia akan merasakan bagi kasih sayang Allah akan berubah menjadi sesuatu yang sangat berharga (hiasan mutiara).
O tiga kali dan empat kali lipat keberkatan kepada hamba yang dhaif yang dalam kemiskinan benar telah mengabdi dari hati kecil kepada Allah karena dalam dunia ini mereka adalah melarat menanggung kesusahan duniawi dan oleh karena itu akan dibebaskan dari banyak dosa dan pada hari itu mereka takkan harus memberikan pelaporan atas berapa yang telah mereka habiskan kekayaan dunia, malah mereka akan diberi ganjaran karena kesabarannya dan kemiskinannya.
Sesungguhnya aku mengatakan kepadamu, jika dunia ini telah mengetahui ini, dia akan memilih kemeja bulu lebih cepat daripada pakaian kebesaran, kutu lebih cepat daripada emas, puasa lebih cepat daripada pesta.
Semua makhluk selain manusia diciptakan Alloh untuk melayani manusia.
Apabila semua telah selesai diperiksa; Allah akan berkata kepada Pesuruh-Nya (Muhammad), 'Perhatikanlah, O teman-Ku, kejahatan mereka, betapa besar adanya, karena Aku Pencipta mereka telah menghibahkan semua makhluk yang telah diciptakan dalam melayani mereka, sedangtan di dalam segala hal mereka telah tidak memuliakan Daku.
Adalah paling adil justru bahwa Aku tiada mempunyai ampunan terhadap mereka.
79  TENTANG PENGADILAN ALLOH
Pesuruh Allah (Muhammad) itu akan menjawab, 'Hal itu benar, Allah Tuhan kami yarig Maha Besar, tak seorang pun dari teman-teman Engkau dan para hamba dapat bermohon ke hadirat Engkau untuk memberikan ampunan kepada mereka; malahan aku (Muhammad) hamba Engkau mendahului semuanya memohonkan keadilan terhadap mereka semua'
Dan dia setelah mengucapkan kata-kata ini, seluruh Malaikat dan para Nabi beserta semua orang-orang pilihan Allah dan lagi, mengapa aku katakan orang pilihan?
Sesungguhnya aku berkata kepadamu, bahwa laba-laba dan lalat langau, batu-batuan dan pasir akan berseru lantang menentang orang yang tak hormat kepada Allah itu dan akan menuntut keadilan.
Kemudian Allah akan mendatangkan ganjaran kepada setiap jiwa (nafs) yang hidup di bumi yang lebih rendah daripada manusia, dan Dia akan melemparkan orang-orang kafir ke dalam neraka.
Dia dalam kepergian itu akan melihat lagi bumi, kepada anjing-anjing dan kuda-kuda dan binatang-binatang keji lainnya akan dilenyapkan.
OIeh karena itu akan berkata mereka, 'O Allah :Tuhan, jadikanlah kami kepada tanah kembali.'
Tetapi yang mereka mohonkan tidak akan diperkenankan kepada mereka."
Sementara Yesus berbicara, para murid itu menangis getir. Sedangkan Yesus menangis banyak berburai air mata.
Kemudian sesudah dia menangis, John berbicara, "'O Guru, dua hal kami ingin tahu. Satu adalah bagaimana mungkin bahwa pesuruh Allah itu yang penuh maaf dan belas kasih, akan tiada mempunyai rasa belas kasih kepada para penjahat, pada hari itu, mengingat bahwa mereka adalah berasal dari tanah yang sama seperti dirinya.
Lainnya adalah bagaimana bisa dimengerti bahwa pedang Mikail adalah berat seperti sepuluh neraka, lalu apakah itu yang lebih berat daripada sebuah neraka?"
Yesus menjawab, "Tiadakah cngkau mendengar apa yang dikatakan Daud, Nabi itu, bagaimana keadilan itu menertawakan kehancuran para pendosa dan akan mengejek dia dengan kata-kata ini, 'Aku melihat manusia itu yang menaruh harapannya dalam  kekuatannya dan kekayaan-kekayaannya sedangkan melupakan Allah.'
80 TENTANG NERAKA
وَٱتَّقُواْ ٱلنَّارَ ٱلَّتِىٓ أُعِدَّتۡ لِلۡكَـٰفِرِينَ (١٣١)
131.  Dan takutlah (فَٱتَّقُواْ ) kamu terhadap api neraka, yang disediakan untuk orang-orang yang kafir. (QS. Ali Imron [3]:131).   
Sesungguhnya oleh karena itu aku katakan kepadamu, bahwa Ibrahim akan mengejek ayahnya, dan Adam semua manusia jahat; dan ini akan menjadi sebab orang-orang pilihan akan bangkit lagi begitu sempurna dan bersetuju kepada Allah, bahwa mereka tidak akan dapat mengangan-angankan dalam pikiran mereka agak sedikit pikiran menentang keadilan-Nya.
Karena itu setiap mereka akan dituntut keadilan dan di atas segalanya itu Pesuruh Allah (Muhammad). Demi Allah pada hadiratnya aku berdiri, walaupun kini aku menangis karena belas kasihan kepada bangsa manusia, pada hari itu aku akan menuntut keadilan tanpa ampun menantang orang yang memandang rendah kata-kataku, dan lebih dari segalanya melawan orang-orang yang menodai lnjilku.
Neraka ada satu, O para muridku, dan di dalamnya si terlaknat akan menderita hukuman kekal. Masih mempunyai tujuh ruang atau daerah, satu lebih dalam daripada yang lain, dan siapa yang dilemparkan kepada yang paling dalam akan menderita hukuman yang lebih besar.
Meskipun demikian kata-kataku adalah benar mengenai pedang Malaikat Mikail, karena siapa yang melakukan kejahatan hanya satu dosa patut mendapat balasan satu neraka, dan siapa yang melakukan kejahatan dua dosa patut mendapat hukuman dua neraka.
Oleh sebab itu dalam satu neraka orang-orang kena laknat itu akan merasakan azab seakan-akan mereka di dalam sepuluh neraka, atau dalam seratus atau dalam seribu; dan Kuasa Besar Allah itu melalui keperkasaan-Nya dan oleh sebab dari keadilan-Nya, akan menjadikan syaithan menderita seolah-olah dia ada di dalam 1.000.000 neraka dan selanjutnya masing-masing orang sesuai dengan dosanya."
Istirahat itu adaIah racun dari keshalehan
Kemudian menjawab Peter, "O Guru, sebenarnya keadilan Allah itu adalah besar, dan hari ini risalah ini telah membuat engkau sedih; oleh sebab itu kami mohon kepadamu beristirahat dan besok ceritakanlah kepada kami seperti apa neraka itu."
Yesus menjawab, O Peter, engkau menceritakan kepadaku untuk istirahat; O Peter, engkau tidak tahu apa yang engkau katakan, selanjutnya engkau jangan berbicara begitu.
Sesungguhiiya aku berkata kepadamu, istirahat itu dalam kehidupan dewasa ini adaIah racun dari keshalehan dan api yang memberangus setiap amal baik.
Lalu kamu sudahlah lupa, bagaimana Sulaiman beserta semua para Nabi telah mencela kemalasan? Betul memang apa yang dia katakan, 'Penganggur itu tak mau menggarap tanah itu; karena takut akan kedinginan, oleh karena itu di musim panas dia akan mengemis.' Oleh sebab itu dia berkata, 'Semua yang dapat dikerjakan tanganmu, kerjakanlah tanpa istirahat".
Dan apa kata Ayyub teman Allah yang paling tidak berdosa, 'Penaka burung adalah lahir untuk terbang, manusia lahir untuk bekerja.'
Sesungguhnya aku berkata kepadamu, aku benci istirahat di atas segala hal.
Neraka ada satu dan berlawanan dengan surga, sebagai musirn dingin berlawanan dengan musirn panas dan dingin dengan panas. Oleh karena itu siapa yang akan menguraikan kesengsaraan dan neraka harus memerlukan kelak mengetahui kenikmatan-kenikmatan surga Allah.
O Kediaman terkutuk demi keadilan Allah untuk kutukan terhadap orang tak beriman dan terlaknat, yang dikatakan oleh Ayyub, teman Allah, 'Tidak ada ketertiban di sana, tetapi ketakutan abadi!'
Dan Isaiah Nabi itu terhadap orang terkutuk berkata, 'Bunga api mereka takkan padam, juga tidak mati ulat-ulat mereka'.
Dan Daud bapak kita, sambil menangis berkata, 'Kemudian akan menghujan di atas mereka, halilintar dan kilat dan belerang dan topan besar.'
O Pendosa-pendosa celaka, kemudian betapa mual akan rupanya kepada mereka makanan-makanan lezat, pakaian berharga, tempat tidur empuk dan keserasian lagu menawan! Betapa akan membuat sakit mereka keganasan lapar, nyala api membakar, bara api memberangus dan azab-azab kejam dengan tangis ratap pilu."
Dan kemudian Yesus mengucapkan suatu keluh kesah yang menyedihkan berkata, "Sebenarnya adalah lebih baik tak pernah diciptakan dari pada menderita semacam siksaan-siksaan kejam itu. Bayangkan, seorang manusia menderita siksaan-siksaan pada setiap bagian badan, yang tiada seorang pun menunjukkan kasihan kepadanya, hanya ada mencemoohkan semua, katakan padaku bukankah ini menjadi hukuman besar?"
Murid-murid itu menjawab, "Paling besar."
82  CONTOH PEDAGANG
Kemudian kata Yesus, "Sekarang inilah suatu kenikmatan (dalam perbandingan) dan neraka. Karena aku bercerita dalam kebenaran kepadamu, jika Allah akan menempatkan dalam suatu timbangan semua hukuman yang telah diderita oleh seluruh manusia dalam dunia ini serta yang akan diderita sampai hari Pengadilan dan dalam timbangan yang lain diletakkan satu saat hukuman dalam neraka, maka orang-orang terkutuk itu akan tanpa ragu memilih bencana-bencana duniawi itu, karena siksaan duniawi itu datang dari tangan manusia, tetapi yang lain-lainnya itu dari tangan syaithan-syaithan yang sama sekali tanpa kasihan. O betapa kejam api neraka akan memberikan kesengsaraan kepada para pendosa'. O betapa pun getir dingin yang mana masih takkan meredakan nyala apinya! Betapa kertakan gigi dan sedu-sedan serta ratap tangis! Sehingga sungai Yordan mempunyai air yang kurang daripada air mata yang setiap saat akan mengalir dari mata mereka. Dan di sini lidah-lidah mereka akan mengutuki semua makhluk yang telah tercipta, beserta ayah dan ibu mereka dan Pencipta mereka Yang Maha Berkat selama-lamanya."
Setelah berkata begitu, Yesus bersuci diri bersama para muridnya sesuai dengan hukum (Syariat) Allah yang tertulis dalam Kitab Musa dan lalu mereka shalat. Dan murid-murid itu mengingat akan dia begitu sedih tidak berbicara sama sekali dengan dia pada hari itu, tetapi masing-masing berhenti terpukul cemas pada perkataan-perkataannya.
Kemudian Yesus membuka mulutnya setelah sore (shalat Asar), berkata, "Apakah ayah dari suatu keluarga akan tidur, jika ia mengetahui bahwa seorang maling telah bermaksud hendak masuk menggagahi rumahnya? Tak seorang pun tentunya; karena dia akan berjaga-jaga dan siap menunggu untuk membunuh pencuri itu.
Karena tidak mengetahui kemudian, bahwa syaithan adalah bagaikan seekor singa mengaung yang berjalan hilir mudik sedang mencari siapa yang mungkin jadi mangsanya. Demikian dia mencari untuk menjadikan manusia berdosa.
Sesungguhnya aku mengatakan kepadamu, jika manusia akan bertindak sebagai seorang pedagang, dia takkan merasa gentar pada hari itu, karena dia telah siap secara baik. Ada seorang manusia yang memberikan uang kepada para tetangganya supaya mereka boleh berdagang dengan itu dan keuntungan dibagi dalam suatu pertimbangan yang adil. Dan sebagian telah memperdagangkan dengan baik, demikian hingga mereka telah memperIipat gandakan uang itu. Tetapi beberapa orang telah menggunakan uang itu dalam pelayanan terhadap musuh dan orang yang meminjamkan uang itu kepada mereka, seraya, mempergunjingkan jahat terhadapnya.
Ceritakan kepadaku sekarang, bagaimanakah halnya bila tetangga itu memanggil orang-orang berhutang itu untuk menghitung bagaimana akan keadaan modal itu? Tentu pasti dia akan mengganjar yang telah memperdagangkan secara baik, tetapi menentang yang lain-lain, kemarahannya akan dilampiaskan sendiri dalam kecelaan. Dan kemudian dia akan menghukum mereka sesuai dengan hukum.
Demi Allah pada hadiratnya roh aku berdiri, tetangga itu adalah Allah yang telah memberikan segala apa yang Dia miliki kepada manusia beserta kehidupannya sendiri, seluruh (manusia) hidup baik dalam dunia ini. Allah boleh beroleh pujian dan manusia beroleh kemuliaan surga. Karena siapa yang hidup baik permisalan mereka melipatkan ganda uangnya, sedangkan para pendosa permisalan mereka adalah orang yang bertabiat membawa kepada penyesalan; oleh karena itu manusia yang hidup baik akan diganjar dengan suatu ganjaran yang besar. Tetapi para pendosa keji, yang dengan dosa-dosanya mengurangi separoh apa yang telah diberikan Allah kepada mereka melalui kehidupan-kehidupan mereka telah dihabiskan dengan melayani syaithan, musuh Allah itu, mengumpat Allah dan mengadakan pelanggaran kepada orang-orang lainnya. Ceritakanlah kepadaku betapa jadinya hukuman mereka?"
"Itu akan menjadi tanpa ukuran", kata murid-murid itu.
Kemudian berkata Yesus, "Siapa yang hidup baik akan mengambil contoh dari saudagar itu yang waktu menutup tokonya, lalu menjaganya siang dan malam dengan kerajinan sungguh. Dan menjual lagi barang-barang yang dibelinya dia adalah suka kepada yang menghasilkan keuntungan, sebab jika dia mengerti bahwa dia akan merugi, dengan demikian dia takkan menjual, tidak, tidak kepada saudaranya sendiri.
84  PERINGATAN MELAWAN DENDAM
Beginilah kemudian akan kamu lakukan, karena dengan sebenarnya jiwamu adalah seorang saudagar, dan tubuh itu adalah toko, karena itu apa-apa yang diterimanya dari luar melalui indera-indera adalah membeli, lalu dijualnya. Dan uang itu adalah kasih sayang. Ketahuilah kemudian bahwa dengan kasih sayangku, kamu jangan menjual, juga jangan membeli pikiran yang kecil sekalipun dengan yang tiada dapat kamu faedahnya. Tetapi biarkanlah pikiran, pembicaraan dan pekerjaan seluruhnya untuk kecintaan kepada Allah; karena demikian itu kamu akan mendapat keamanan pada hari itu.
Sesungguhnya aku berkata kepadamu, bahwa banyak orang melakukan pensucian, lalu pergi shalat, banyak puasa dan memberikan zakat, banyak studi dan mengembangkan kepada orang-orang lain yang akhirnya adalah menjijikkan di hadapan Allah, karena mereka membersihkan badan sedangkan hati tidak, mereka berseru dengan mulut tidak dengan hati, mereka berpantang dari daging-daging, sedangkan memenuhkan diri mereka sendiri dengan dosa-dosa, mereka memberikan kepada orang-orang lain barang-barang yang tidak baik buat mereka sendiri, agar mereka terpandang baik, mereka studi agar mereka jadi pintar berbicara, bukan untuk beramal; mereka berkhotbah mencegah orang-orang lain, padahal mereka sendiri melakukan, dan begitu adalah dikutuki oleh lidah mereka sendiri.
Siapa yang mengenal Allah akan cinta kepada-Nya
Demi Allah orang-orang ini tidak mengenal Allah dengan hati mereka; karena sekiranya mereka mengenal Dia, mereka akan cinta kepada Nya, dan karena barang apa pun jua yang telah dimiliki manusia, dia telah menerimanya daripada Allah, bahkan demikian dia akan mengurbankan segala-galanya demi cinta kepada Allah."
Siksaan Alloh terhadap orang yang sesat
Kemudian berkata Peter, "O Guru, ceritakan kepada kami bagaimana orang yang sesat itu akan disiksa, dan berapa lama mereka akan di dalam neraka, supaya manusia suka menghindarkan diri dari dosa?"
Yesus menjawab, "O Peter, itu adalah persoalan besar yang telah kamu tanyakan, sekalipun demikian, sekiranya Allah beikenan, aku akan menjawab kamu. Oleh sebab itu ketahuilali olehmu, bahwa neraka itu adalah satu, tetapi mempunyai tujuh sentral, yang satu di bawah yang lain. Oleh sebab itu sama seperti dosa adalah tujuh macam, karena tujuh pintu gerbang neraka itu, laksana syaithan yang menghasilkannya; jadi ada tujuh (tingkat) azaban dalam tempat itu.
180  TUJUH POROS NERAKA
Orang-orang paling sombong ditempatkan di neraka yang paling rendah
Untuk penjara orang-orang paling tinggi hati diceburkan ke dalam sentral yang paling rendah melalui seluruh poros di atasnya, dan penderitaan yang ditanggungkan ialah semua hukuman yang ada dalam tempat itu.
Dan juga di sini orang yang menuntut untuk menjadi lebih tinggi daripada Allah dengan kepercayaan untuk dilakukan menurut caranya sendiri, padahal bertentangan dengan yang diperintahkan Allah dan tidak mau mengakui sesuatu pun di atasnya: bahkan juga di sana dia akan diletakkan di bawah kaki-kaki iblis sedangkan syaithan-syaithannya yang akan menginjak-injaknya ke bawah seperti buah-buahan anggur diinjak-injak ketika membuat khamar dan dia akan selamanya diejek dan dihina oleh syaithan-syaithan itu."
Orang-orang yang iri hati dan suka marah ditempatkan di neraka tingkat ke-6
Orang iri hati, yang di sini naik darah pada kebaikan dari tetangganya dan bergembira pada ketidakberuntungannya, akan dilemparkan ke bawah ke sentral yang keenam, dan di sana akan dicocor oleh taring-taring sejumlah besar ular naga jahanam.
Dan akan kelihatan baginya bahwa semua barang yang di dalam neraka bergembira kepada siksaannya, dan berkabung bahwa dia tidak jadi dijatuhkan ke sentral yang ketujuh. Karena meskipun si terhukum itu adalah tiada sanggup untuk gembira sedikit pun, tetapi keadilan Allah akan menyebabkan bahwa si terhukuin itu akan begitu kelihatannya bagi orang celaka pendengki itu, bagaikan seseorang merasakan di dalam khayali ditendang oleh seseorang, karena itu merasa tersiksa. Memang demikian yang ditetapkan sebelumnya, bahwa orang celaka yang iri hati itu akan menjadi bulan-bulanan. Sebab di sana tidak ada kegembiraan sama sekali; akan kelihatan baginya bahwa tiap-tiap orang bergembira pada ketidakberuntungannya lalu berduka bahwa dia tidak lebih sengsara.
Orang-orang yang loba dan orang kaya yang suka pesta ditempatkan di neraka tingkat ke-5
Orang loba akan dilemparkan ke bawah ke sentral ke lima, di sana dia akan menderita kemiskinan terlalu sangat, seperti yang diderita oleh orang kaya pembuat pesta (juga dalam sentral neraka kelima). Dan syaithan-syaithan itu, demi siksa lebih besar, akan menyodorkan kepadanya apa yang diingininya, dan bilamana dia akan memperolehnya dalam genggamannya, syaithan-syaitiian lain dengan kekerasan akan merampasnya dari tangannya, dengan mengucapkan kata-kata ini, 'Ingatlah bahwa kamu tidak mau memberi karena cinta kepada Allah, jadi Allah tidak ingin bahwa sekarang kamu menerima'.
O manusia yang tidak berbahagia! Sekarang dia akan menjumpai dirinya dalam keadaan yang membangkitkan kenangan kepada masa lalu yang berlimpah dan memperhatikan kemiskinan sekarang; dan bahwa dengan kebaikan-kebaikan yang tak mungkin dimilikinya kemudian seharusnya dia telah dapat memperoleh kenikmatan abadi.
Orang-orang yang mengumbar nafsu syahwat ditempatkan di neraka tingkat ke-4
Adapun sentral ke empat akan dituju oleh orang yang menghumbar-humbar nafsu syahwat, di mana mereka yang telali mengubah jalan yang dianugerahkan Allah kepada mereka akan seumpama gandum yang dimasak dalam kotoran-kotoran syaithan yang sedang terbakar. Dan di sana mereka akan digelumang oleh ular-ular naga jahanam yang menakutkan. Dan mereka yang berdosa akan percabulan bersama wanita sundal semuanya ini tingkah laku yang tidak suci akan dijelmakan baginya ke dalam persetubuhan dengan kemarahan-kemarahan besar jahanam ialah syaithan-syathan seperti wanita-wanita, yang rambutnya adalah ular-ular, yang matanya ialah nyala api belerang, mempunyai mulut beracun, berlidahkan empedu, tubuhnya semuanya dikelilingi dengan duri-duri kait, seperti alat penangkap ikan tolol, mempunyai kuku gryphon (binatang dongeng yang berkepala dan bersayap seperti burung garuda tetapi berbadan seperti singa) yang kuku-kukunya itu tajam balik bertimbal, macam bagian alat jenis kelaminnya adalah api. Sekarang dengan ini semua penghumbar-humbar nafsu itu akan bersenang-senang, sedangkan tempat tidur mereka ialah bara-bara jahanam.
Orang-orang pemalas ditempatkan di neraka tingkat ke-3
Kepada sentral ke tiga akan dituruni oleh orang pemalas, siapa yang tidak mau bekerja dewasa ini.
Di sini akan didirikan kota-kota dan istana-istana jempolan, yang segera setelah diselesaikan harus terpaksa rubuh berantakan secepatnya, karena sebuah batu tidak diletakkan secara betul. Dan batu-batu sangat besar ini diletakkan di atas bahu-bahu si pemalas itu; tangan-tangannya tiada bebas untuk menyejukkan tubuhnya sementara ia berjalan dan untuk meringankan beban itu, mengingat bahwa si pemalas itu telah diangkatkan kekuatan tangan-tangannya, sedangkan kaki-kakinya dirantai dengan ular-ular naga jahanam.
Dan alangkah lebih sengsara, di belakangnya ada syaithan-syaithan yang mendorongnya, dan membuatnya jatuh ke bawah berulang-kali di bawah berat bebannya; tiada pula seorang pun melakukan pertolongan kepadanya untuk mengangkatkannya ke atas, apalagi beban itu adanya begitu banyak untuk diangkatkan, karena suatu jumlah yang berlipat ganda telah dipikulkan ke atas dirinya.
Orang-orang rakus ditempatkan di neraka tingkat ke-2
Kepada sentral ke dua akan ditempati oleh orang rakus. Sekarang di sini sangat jarang makanan, sampai kepada suatu tingkat bahwa tiada suatu untuk dimakan, kecuali kala jengking dan ular-ular naga hidup yang memberikan semacam siksaan sehingga rasanya akan lebih baik tak pernah lahir daripada makan makanan semacani itu.
Ada ditawarkan kepada mereka sungguh oleh syaithan, dengan rupa-rupa makanan lezat, tetapi untuk itu tangan dan kaki mereka telah diikat dengan belenggu-belenggu api, mereka tak dapat mengulurkan tangan pada kesempatan itu ketika makanan itu muncul kepada mereka. Tetapi alangkah lebih jahatnya, juga: kala-kala jengking yang dimakannya sehingga kala-kala jengking itu membinasakan perutnya, tidak dapat keluar dengan cepat, koyaklah bagian-bagian rahasia orang rakus itu. Dan apabila kala-kala jengking itu keluar berupa kotoran dan najis busuk sebagaimana semula adanya, lalu dimakan sekali lagi.
Orang-orang pemarah ditempatkan di neraka tingkat pertama
Orang yang pemarah akan menempati sentral pertama, di sana dia dihinakan oleh semua syaithan dan oleh sebanyak orang hukuman yang seraya pergi ke bawah lebih rendah dari padanya. Mereka menendangnya dan memukulnya membuatnya terkapar di atas jalan yang mereka lalui, menghujamkan kaki mereka di atas kerongkongannya. Tetapi dia tak berdaya untuk mempertahankan dirinya, karena tangan dan kakinya telah diikat. Dan alangkah lebih jeleknya, dia tak sanggup untuk memberi peluang kepada kemurkaannya oleh penghinaan orang-orang lain, mengingat bahwa lidahnya terkunci oleh suatu kaitan seperti yang digunakan oleh seorang penjual daging..
Di dalam tempat yang terkutuk ini akan ada di sana suatu azaban umum, meliputi semua lapisan seperti campuran dari berbagai butir-butir gandum untuk dibuat roti. Karena api, es, angin ribut disertai guntur, kilat, belerang, panas, dingin, angin, amukan, terror semua akan menjadi satu oleh keadilan Allah dan dengan cara semacam itu bahwa dingin tidak akan ada panas meredakan tidak juga api dan es,  tetapi masing-masing akan memberikan siksaan kepada pendosa sialan itu,"
Di dalam tempat yang terkutuk ini akan tinggal orang-orang tak beriman untuk selama-lamanya; akhirnya jika dunia ini dipenuhi dengan butir-butir jawawut, sedangkan seekor burung sekali dalam seratus tahun akan mengangkat sebutir untuk mengosongkan dunia ini, jika kemudian dunia akan jadi kosong barulah orang-orang tak beriman pergi masuk surga, mereka akan istirahat nikmat. Tetapi tiada harapan ini, karena siksa mereka tak dapat berakhir, mengingat bahwa mereka tidak ada keinginan dulunya untuk berniat mengakhiri dosa mereka demi cinta kepada Allah. Tetapi orang yang mukmin akan merasakan kenikmatan, karena siksaannya akan berakhir."
Semua orang mukmin akan pergi ke neraka (melewati shiroth)
وَإِن مِّنكُمْ إِلَّا وَارِدُهَا ۚ كَانَ عَلَىٰ رَبِّكَ حَتْمًا مَّقْضِيًّا
Dan tidak ada seorangpun dari padamu, melainkan mendatangi neraka itu. Hal itu bagi Tuhanmu adalah suatu kemestian yang sudah ditetapkan. (QS. Maryam 31:71).
Para pengikut itu takut mendengar ini, dan berkata, "Jadi kemudian orang yang mukmin itu harus pergi ke dalam neraka?"
Yesus menjawab, "Tiap-tiap orang, diperlakukan dia siapa pun boleh, harus pergi ke dalam neraka. Adalah benar, bagaimana pun juga, bahwa orang-orang kudus dan para Nabi utusan Allah akan pergi ke sana untuk menonton, bukan menderita suatu azab, dan orang-orang yang shaleh hanya merasa gentar. Dan apakah yang akan ku katakan? Aku ceritakan kepadamu bahwa di sana akan datang (bahkan) Pesuruh Allah (Muhammad) itu untuk memperhatikan keadilan Allah. Dalam pada itu neraka akan gemetaran pada kehadirannya. Dan karena dia memiliki daging kemanusiaan, semua yang memiliki daging kemanusiaan akan berada di bawah hukuman, namun selama Pesuruh Allah (Muhammad) itu akan tinggal untuk memperhatikan neraka, selama itu pula mereka tinggal tanpa azab. Tetapi dia akan tinggal di sana (hanya) selama waktu yang diambil untuk menutup dan membuka mata..
Dan ini Allah akan melakukan supaya setiap makhluk tahu, bahwa dia telah menerima manfaat dari Pesuruh Allah (Muhammad)  itu.
Ketika dia akan pergi ke sana, semua syaithan akan memekik, dan mencari untuk menyembunyikan diri mereka di bawah bara-bara membakar, berkata seorang kepada yang lain, 'Larilah, kabur, karena di sini datang Muhammad seteru kita!' Mendengar ini, iblis akan memukul dirinya pada mukanya. Ya dengan kedua belah tangannya, dan sambil menjerit akan berkata, 'Kamu lebih mulia daripada aku dalam sesalanku, dan ini adalah dilakukan tidak secara adil!'
Orang mukmin di neraka tingkat ke-72 selama 70.000 tahun
Juga bagi orang-orang mukmin yang berada di tingkat 72, termasuk kedua tingkat yang terakhir yaitu orang-orang yang beriman tanpa amal-amal shaleh - golongan satu menjadi sedih pada amal-amal shaleh dan yang lain kenikmatan dalam dosa -. Mereka akan tinggal dalam neraka 70.000 tahun.
Sesudah tahun-tahun itu Malaikat Jibril akan datang ke dalam neraka, dan akan terdengarlah mereka berkata, 'O Muhammad, di mana gerangan janjimu yang telah diperbuat kepada kami, mengatakan baliwa siapa yang menganut imanmu, tidak akan tinggal dalam neraka untuk selama-lamanya?'
Lalu Malaikat Allah itu akan kembali ke surga dan setelah mendekat dengan penghormatan kepada Pesuruh Allah itu akan menceritakan kepadanya apa yang telah didengarnya.
Kemudian Pesuruh Allah (Muhammad)  itu akan berbicara kepada Allah dan berkata, 'Allah Tuhanku, ingatlah perjanjian yang telah diperbuat kepadaku hamba Engkau, mengenal mereka yang telah menerima imanku, bahwa mereka tidak akan tinggal dalam neraka untuk selama-lamanya.'
Allah akan menjawab, 'Mintalah apa yang engkau inginkan, O sahabatku, karena aku akan memberi engkau semua yang engkau mohonkan.'
Kemudian Pesuruh Allah itu akan berkata, 'O Allah, ada di antara orang-orang beriman yang telah berada dalam neraka 70.000 tahun. O Allah, di mana gerangan ampunan Engkau? Hamba mohon kepada Engkau, Allah, untuk membebaskan mereka drin azab-azab pedih itu.
Lalu Allah memerintahkan 4 Malaikat kesayangan Allah supaya mereka pergi ke neraka dan mengeluarkan setiap orang yang telah menganut aqidah Pesuruh-Nya (Muhammad)  dan memimpinnya ke dalam surga. Dan ini akan mereka laksanakan.
Dan akan menjadi semacam faedah dari aqidah - Pesuruh Allah (Muhammad) itu, hingga orang-orang yang telah mempunyai iman kepadanya, bahkan walaupun mereka telah tidak melakukan suatu amal-amal baik, mengingat mereka wafat dalam keyakinan ini, akan pergi ke dalam surga setelah hukuman seperti yang telah aku bicarakan."
Penutup

Demikianlah uraian Tafsir Al Qur-an tentang  taqwa di dalam Injil Barnabas.
Penulis yakin bahwa makalah ini tidak sempurna. Bila para pembaca menemukan kesalahan mohon diberitahukan kepada penulis untuk dilakukan koreksi. Untuk itu penulis mengucapkan banyak terima kasih.
 Wallohu muwaffiq ila aqwamith thoriq, wassalamu ‘alaikum w.w.

Jember, 25 Juli 2014.


Dr. H.M. Nasim Fauzi
 Jalan Gajah Mada 118
 Tlp. (0331) 48927 Jember

Kepustakaan
1. Husein Abubakar dan Abubakar Basjmalah, Injil Barnabas, Terjemahan dalam Bahasa Indonesia, CV Pelita, Bandung, 1970.
2. Departemen Agama RI, Al Quran dan Terjemahnya, CV Asy-Syifa, Semarang, 1999.

3. http://www.quranexplorer.com/quran/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar