Selasa, 21 Juli 2015

Makalah Pendek Nyeri Kronik Penyebab dan Cara Menyembuhkannya


Nyeri Kronik, Penyebab dan Cara Menyembuhkannya

Reviewed by Arefa Cassoobhoy, MD, MPH on December 15, 2015

Oleh : Dr. H.M. Nasim Fauzi


01. Apakah Nyeri Kronik Itu ?



Di AS lebih dari 100 juta orang menderita nyeri kronik. Penyebabnya adalah arthritis, migrain, fibromyalgia dan sakit pinggang. Nyeri kronik berlangsung berminggu-minggu, berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun, sehingga bisa merubah kehidupan anda. Maka janganlah membiarkan nyeri betapapun ringannya nyeri itu, apalagi yang sedang atau berat. Harus diobati, karena biasanya pengobatan bisa menolong.

02. Apa Penyebab Nyeri Itu ?


          
          Nyeri adalah tanda bahaya yang dikirim melalui syaraf ke otak. Contohnya Anda tersentuh paku atau panci panas. Tetapi terkadang, tanda bahaya itu dikirim terus-menerus sehingga menjadi kronik (menahun)..

03. Tanda-tanda Anda Memerlukan Pengobatan.



     Siapapun yang sering menderita nyeri – meskipun ringan harus diperiksakan ke dokter. Apalagi bila nyeri itu sampai mengganggu kehidupan dan pekerjaan Anda.
Mula-mula nyerinya hanya kadang-kadang saja, selanjutnya menjadi kronis dan
serius.

04. Penyembuhan Nyeri : Berjalan-jalan.



     Lebih banyaklah berjalan-jalan. Berjalan adalah resep terbaik untuk menyembuhkan nyeri kronik. Nyeri yang diderita setiap hari menjadikan orang kurang aktif. Sehingga nyeri menjadi lebih berat. Olahraga juga mengeluarkan endorphin – penyembuh nyeri alami.
Lakukanlah berjalan-jalan atau olah raga lain 5 X seminggu  Selama 30 menit per harnya. Tambahlah setiap harinya dan beberapa menit per minggunya.

05. Penyembuhan Nyeri : Akupunktur.



     Akupunktur sering dipakai untuk mengobati beberapa nyeri kronil. Cara kerjanya tidak jelas. Mungkin tubuh mengeluarkan pereda nyeri alami. Atau dengan menghambat sinyal nyeri pada syaraf.

06. Nyeri dan Tidur.



     Nyeri bisa mengurangi tidur Anda, Sedang kurang tidur bisa memperberat nyeri kronik. Sehingga menjadi lingkaran setan. Bila akibat nyeri membuat Anda sukar tidur pergilah ke dokter.
          Biasakan tidur secara teratur pada jam-jam tertentu. Biasanya cara ini bisa mengurangi nyeri Anda.

07. Penyembuhan Nyeri : Alihkan Perhatian.


     Mengalihkan perhatian bisa mengurangi nyeri kronik. Mengalihkan perhatian dengan cara omong-omong, mengisi teka-teki silang, membaca buku – membuat bagian otak yang memproses nyeri kurang aktif. Sehingga mengurangi rangsangan saraf nyeri.

08. Penyembuhan Nyeri : Merubah Diet



     Orang yang migrain sering berkurang nyerinya dengan menghindari makanan – anggur merah dan keju – sebagai pemacu nyeri. Makanan berlemak dan susu bisa memperberat nyeri akibat radang sendi. Cobalah mengonsumsi makanan yang mengandung susu selama beberapa minggu. Lalu hentikan, biasanya nyerinya akan membaik.

09. Penyembuhan Nyeri : Amatilah Nyeri Anda.



     Rasa nyeri kadang sukar digambarkan dengan kata-kata. Maka buatlah catatan. Catatlah nyeri Anda setiap hari. Nilailah nyeri itu dengan angka dari 1 sampai 10. Atau dengan gambar wajah. Catatlah apa yang Anda kerjakan hari itu. Setelah beberapa minggu diskusikan dengan dokter Anda.

10. Bernafaslah Dalam-dalam




     Bernafaslah dalam-dalam secara perlahan-lahan. Taruhlah tangan di atas perut Anda. Rasakan naik turunnya.
     Setelah bernafas dalam beberapa menit biasanya nyeri dan ketegangan fikiran Anda akan jauh berkurang. Bagusnya cara ini karena dapat dlakukan dimana saja.– di dalam kendaraaan atau sewaktu Anda duduk di kursi di rumah atau di kantor

11. Penyembuhan Nyeri : Melatih Otot.



     Memperkuat otot-otot – melakukan latihan dengan pemberatan atau hambatan –
bisa mengurangi nyeri. Sama efeknya seperti obat-obatan terhadap sakit pinggang dan artritis. Melatih kekuatan juga bisa memperbaiki keseimbangan dan kelenturan tubuh. Lakukanlah dua kali seminggu.

12. Penyembuhan Nyeri : Biofeedback



     Biofeedback mengajar Anda mengontrol beberapa proses tubuh yang bisa berjalan sendiri tanpa difikir – contohnya denyut jantung dan tekanan darah. Dengan sensor yang dihubungkan komputer, Anda bisa belajar mengendorkan otot, mengurangi ketegangan syaraf dan nyeri.

13. Penyembuhan Nyeri : Suplement



Mintalah resep suplemen ke dokter untuk mengobati nyeri yang Anda derita setiap hari. 
          Beberapa suplemen bisa dipakai : minyak Ikan, glucosamine, chondroiton sulfate dan SAMe (Adenosyl Methionine) yang bisa mengurangi nyeri dan ketegangan akibat artritis..

14. Penyembuhan Nyeri : Yoga



Stretching (peregangan) dan mind body techniques dari yoga bisa mengurangi nyeri setiap harinya. Dari nyeri punggung, fibromyalgia dan arthritis.
          Yoga secara teratur dapat mengurangi nyeri, meningkatkan fungsi, memperbaiki
emosi dan mengurangi pemakaian obat-obatan pereda nyeri.


15. Hindari tidur Terlalu Lama



Zaman dulu nyeri diterapi dengan tidur
           Kini dokter berkata bahwa istirahat baik untuk mengatasi cedera akut - seperti pergelangan kaki  yang terkilir - tetapi tidak bisa menyembuhkan nyeri kronik.
           Berbaring terlalu lama akan melemahkan otot dan memperberat nyeri. Cobalah untuk tetap aktif.

16. Terapi Fisik dan Okupasional.



     Kedua terapi ini akan mengurangi nyeri kronik. Anda harus berlatih yang meningkatkan mobilitas dan membangun kekuatan tubuh. Terapi okupational membantu Anda tetap bekerja. Terapi fisik melatih Anda cara baru berbuat sesuatu dari memasang kancing sampai memasak.

17. Penyembuhan Nyeri : Terapi Bicara




     Beberapa orang yang menderita nyeri tidak mau pergi ke  konselor atau terapist – karena dikira terapis menganggap nyeri itu cuma hayalan belaka. Itu tidak benar.Terapis dapat membantu Anda menyelesaikan akibat nyeri pada hidup Anda sehari-hari.

18. Jangan Terlalu Tergantung Pada Obat Pereda Nyeri OTC




     Jangan mengobati sendiri nyeri Anda. Obat  pereda Nyeri OTC seperti parasetamol, aspirin dan ibuprofen – hanya baik untuk mengobati nyeri sesaat, tetapi sangat berisiko bila diminum dengan dosis tinggi atau jangka lama. Pakailah OTC itu sesuai dengan petunjuk yang tertera pada botol. Jangan memakai lebih dari 10 hari, kecuali di bawah pengawasan dokter.

19. Mengunjungi Dokter Ahli Nyeri.



Bila Anda menderita nyeri kronis, tetapi belum sembuh dengan pengobatan biasa, pergilah ke spesialis nyeri.
          Seorang spesialis nyeri berfokus pada satu bidang nyeri saja. Mereka biasanya bekerja di sentral nyeri dengan bermacam cara pengobatan di bawah satu atap. Mintalah ke dokter Anda untuk mengirim Anda ke sana.

20. Berbicara Dengan Dokter Masalah Nyeri.



Bicarakan dengan dokter tentang:
·  Bagaimana rasa nyerinya ?
·  Apa rasanya seperti digigit, atau terbakar ?
·  Bagaimana pengaruhnya pada kehidupan Anda sehari-hari ?
·  Apakah pekerjaan Anda terganggu, bahkan tak bisa bekerja sama sekali.?
·  Bilakah nyeri itu bertambah atau berkurang ?
·  Kapan waktunya ?
·  Obat apa yang bisa menolong ?

21. Penyembuhan Nyeri : Pemakaian Obat-obatan

     Pengobatan nyeri kronis bukan cuma dengan obat pereda nyeri saja. Beberapa
obat seperti anti depresi dan anti epilepsi dapat dipakai untuk mengobati nyeri kronis. Obat anti depresi mempengaruhi bahan kimia di dalam otak yang menimbulkan nyeri.dan emosi Anda. Obat anti epilepsi rupa-rupanya menghambat sinyal nyeri yang dikirim ke otak.

22. Penyembuhan Nyeri : Pembedahan



     Untuk mengatasi nyeri yang sukar diobati, mungkin diperlukan pembedahan. Operasi berfungsi untuk memperbaiki penyebabnya – seperti nyeri punggung akibat tulang belakang yang bergeser, sampai pemasangan implant pereda nyeri. Meskipun operasi bisa menyembuhkan, tetapi tetap berisiko dan hanya dilakukan pada situasi tertentu. Bicarakan dengan dokter Anda..

23. Nyeri Akibat Bahan Tertentu


     Jangan memakai alkohol atau bahan lain untuk meredakan nyeri. Khasiatnya cuma bersifat sementara. Pemakaian lama akan membuat nyeri kronik makin memburuk. Alkohol dan bahan lain akan berinteraksi dengan pengobatan lain. Bila Anda menderita ketergantungan pada alkohol segera carilah pertolongan.

24. Menyembuhkan Nyeri Anda.



Tidak ada satupun obat ajaib yang bisa menyembuhkan nyeri. Yang ada adalah kombinasi beberapa cara pengobatan. Mungkin berupa latihan rutin, perubahan kebiasaan, pemakaian obat-obatan dan terapi, yang semuanya memerlukan waktu untuk bisa sembuh.
          Mungkin Anda memerlukan kombinasi beberapa macam cara pengobatan yang cocok untuk menyembuhkan nyeri kronik Anda.


Jember, 23 Juni 2015

Dr. H.M. Nasim Fauzi
Jalan Gajah Mada 118
Tilpun (0331) 481127
Jember

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar